Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Fraksi Partai Golkar Tegaskan Tak Pernah Usulkan Cetak Uang

Kompas.com - 13/05/2020, 11:09 WIB
Kurniasih Budi

Editor

KOMPAS.com - Fraksi Partai Golkar menegaskan tidak pernah mengusulkan untuk mencetak uang guna mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris Poksi XI Fraksi Partai Golkar, M. Sarmuji, menjelaskan tidak pernah ada pembahasan usul tentang pencetakan uang tersebut.

"Ide mencetak uang tidak pernah muncul sebagai ide Fraksi Partai Golkar sebagai solusi untuk mengatasi dampak Pandemi Covid-19 terhadap perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Bahkan ide ini tidak pernah dibahas dalam rapat kelompok fraksi (Poksi XI) atau dikonsultasikan baik kepada pimpinan fraksi maupun kepada pimpinan Poksi XI," ujar Sarmuji dalam pernyataan tertulis, Rabu (13/5/2020).

Ancaman inflasi

Fraksi Partai Golkar, imbuh dia, menyadari mencetak uang berimbas turunnya tingkat kepercayaan terhadap rupiah.

Bila itu terjadi, ia melanjutkan, ancaman inflasi dan anjloknya nilai tukar rupiah bisa terjadi.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Sarmuji DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Sarmuji

"Ibarat mengobati sakit, obat bisa lebih berbahaya dari pada penyakitnya," kata Sarmuji.

Ia menegaskan, perdebatan yang serius di komisi XI DPR RI bukanlah soal mencetak uang.

"Mencetak uang hanya terjadi debat intens di luar ruang rapat. Kami lebih berkonsentrasi pada penambahan likuiditas, relaksasi kredit, pemulihan ekonomi, insentif fiskal, pembelian obligasi pemerintah oleh BI dengan bunga rendah untuk meringankan beban pemerintah dan hal-hal lain yang terkait dengan itu," ujar Sarmuji.

Menurut dia, usul mencetak uang hanya muncul sekilas saja dan tidak ada satupun kesimpulan rapat yang menyinggung tentang pencetakan mata uang.

Ia pun menekankan, jika ada pandangan dari kader Golkar soal ide mencetak uang bukanlah pendapat partai.

"Pandangan Saudara Misbakhun dalam salah satu webinar, tidak mewakili sikap partai maupun sikap Fraksi Partai Golkar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com