Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi Covid-19, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Rp 7,9 Miliar

Kompas.com - 13/05/2020, 13:02 WIB
Hamzah Arfah,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi saat ini membuat banyak pihak bahu-membahu dalam menolong sesama. Termasuk, PT Petrokimia Gresik yang memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.

Sejak Maret hingga April 2020, manajemen Petrokimia Gresik mengaku telah menggelontorkan dana sekitar Rp 7,9 miliar. Dana ini meliputi untuk bantuan sektor kesehatan, sosial, ekonomi, keagamaan hingga pertanian yang tersebar di 20 kabupaten/kota di Jawa Timur selama pandemi berlangsung.

"Pendistribusiannya bekerja sama dengan BUMN lain, posko, lembaga sosial, instansi, serta pemerintah daerah. Baik Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi," ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Syarat dan Cara Dapatkan Bantuan Rp 600.000 Per Bulan dari Pemerintah

Petrokimia Gresik sendiri ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai koordinator satuan tugas (Satgas) tanggap Covid-19 Jawa Timur, guna membantu kinerja pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

Sebagai koordinator Satgas, terang Rahmad, Petrokimia Gresik telah membagi tugas dan peran kepada seluruh BUMN yang berlokasi atau memiliki kantor perwakilan di Jawa Timur untuk berkontribusi. Baik memberi bantuan maupun mendirikan 38 Posko Tanggap Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Tidak hanya bantuan sembako kepada masyarakat, Rahmad mengatakan, Petrokimia Gresik juga menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada 32 rumah sakit dan puskesmas yang telah disalurkan secara bertahap.

APB tersebut terdiri dari 19.493 pcs masker kain, 23.200 pcs surgical mask, 250 pcs masker N95, 5.724 pasang nitril gloves, 3.648 stel baju pelindung, 1.790 safety boots, 1.470 pelindung wajah dan helm, 189 pasang handscoon non steril, 2.320 buah apron plastik, 278 buah goggles dan 20 unit disinfectant chamber.

Baca juga: Ahli Waris Tak Terima Foto Nyonya Meneer Ada di Kemasan Minyak Telon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com