Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoFood Bagi-bagi Voucher Belanja, Tertarik?

Kompas.com - 14/05/2020, 19:02 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan pesan-antar makanan GoFood memberian voucher belanja bahan pokok di GoFresh dan distribusi paket sanitasi dan keamanan makanan.

Namun pemberian voucher tersebut diberikan hanya untuk para mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendukung keberlangsungan bisnis para mitra GoFood tersebut.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek mengatakan, program bantuan mitra GoFood berfokus pada tiga hal utama, pertama memaksimalkan pendapatan merchant GoFood dengan mendorong arus permintaan melalui program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood.

Kedua, meringankan beban operasional dan pengeluaran merchant melalui voucher belanja bahan pokok dan distribusi paket sanitasi dan dan ketiga, menjaga volume transaksi merchant melalui berbagai inovasi baru.

Baca juga: Token Listrik Gratis Bulan Mei Sudah Bisa Diakses, ini Caranya

Contohnya program paket makan untuk mitra driver dan tenaga kesehatan, kategori baru “Siap Masak” di layanan GoFood, dan akses belanja dan pesan-antar bahan pokok dari Pasar Mitra Tani bersama Kementerian Pertanian RI.

“Sejak awal pandemi GoFood telah melakukan berbagai inisiatif dan berkomitmen membantu mitra UMKM kuliner dalam menghadapi masa sulit ini,” kata Catherine melalui siaran media, Kamis (14/5/2020).

Catherine mengatakan, selama periode PSBB mitra UMKM dapat memesan bahan baku berkualitas dengan harga terjangkau dari rumah melalui GoFresh dan akan diantar ke lokasi mitra. Sejauh ini, Gojek telah membagikan voucher potongan harga belanja bahan pokok di GoFresh senilai masing-masing Rp 80.000 ke ribuan mitra merchant.

Untuk terus memperkuat protokol keamanan dan kebersihan makanan yang ditegakkan sejak awal pandemi, GoFood mengaku telah membekali 50.000 outlet mitra UMKM dengan masker serta ribuan paket sanitasi dan keamanan makanan yang berisi sejumlah hand sanitizer, sabun antiseptik, kantong belanja GoFood, dan segel pengaman (selotip dan kabel pengerat kemasan).

Baca juga: Jokowi Geram Harga Gula Naik Gila-gilaan, Ulah Mafia?

Gojek mencatat, transaksi GoFood meningkat 10 persen di awal bulan Mei ini, dibandingkan dengan akhir bulan April 2020. Bahkan, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi hingga 30 persen dibandingkan sebelum masa pandemi.

“Perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi pemesanan makan secara online menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya,” kata dia.

GoFood juga telah mendorong inovasi pengantaran makanan tanpa kontak langsung (contactless delivery) dan secara berkala mengedukasi mitra merchant mengenai protokol keamanan dan kebersihan makanan.

“Meskipun pandemi Covid-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan penghasilan mitra merchant GoFood,” tegas Catherine.

Sebagai informasi, untuk voucher GoFresh, dibagikan ke semua merchant baru dan existing dengan nominal berbeda dan dapat diakses lewat aplikasi GoBiz, dengan meng-klik banner GoFresh. Untuk paket sanitasi, dibagikan langsung ke 50.000 merchants yang memiliki kinerja baik.

Baca juga: Jubir Luhut: Infonya Ada Purnawirawan yang Namanya Dicatut Dukung Said Didu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com