Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Sentimen, Rupiah Hari Ini Dibuka Menguat

Kompas.com - 15/05/2020, 10:11 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (15/5/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.09 WIB rupiah berada pada level Rp 14.880 per dollar AS atau menguat 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.885 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah terdorong sentimen positif dan negatif yang saling tarik menarik. Ini akan membuat rupiah begerak secara terbatas hari ini.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

“Ekspektasi masih memburuknya data-data ekonomi karena wabah, memberikan tekanan turun untuk aset berisiko, namun di sisi lain mulai aktifnya perekonomian di beberapa negara pandemi memberikan sentimen positif ke pasar,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, pergerakan aset berisiko pagi ini cukup beragam dan rupiah berpeluang bergerak di kisaran yang sama akibat sentimen yang saling menarik ini.

Namun dengan tingginya minat pasar terhadap obligasi pemerintah Indonesia bisa mendukung penguatan rupiah hari ini

Sementara itu, para analis memprediksi neraca perdagangan Indonesia bulan April akan defisit tipis 200 juta dollar AS, namun hal ini dapat dimaklumi pasar karena kondisi ekonomi global juga belum bagus.

“Jadi mungkin tidak terlalu berdampak ke rupiah,” tambah dia.

Baca juga: The Fed Bikin Rupiah Tertekan

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.000 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com