Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Asal Korsel Bakal Jadi Pemegang Saham Pengendali Bukopin

Kompas.com - 18/05/2020, 10:01 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerima informasi Bank asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank akan menambah modal Bank Bukopin melalui Penawaran Umum Terbatas V (PUT V).

OJK pun mendukung rencana tersebut dan segera memproses penyesuaian kepemilikan PT Bank Bukopin sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, kesepakatan Bank Bukopin dengan calon investor itu membuat KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

"Penguatan aspek permodalan dan likuiditas oleh pemegang saham dan/atau investor diperlukan agar Bank Bukopin dapat meningkatkan kesehatan bank dan menjaga kestabilan sistem keuangan," kata Anto dalam siaran pers, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Hingga Kuartal III-2019, Bukopin Kantongi Laba Bersih Rp 151 Miliar

Sebagai informasi, KB Kookmin Bank akan menambah modal Bank Bukopin melalui Penawaran Umum Terbatas V (PUT V) yang rencananya bakal dilaksanakan pada akhir semester I 2020.

Saat ini, KB Kookmin Bank tercatat sebagai pemegang saham terbesar kedua Bank Bukopin dengan kepemilikan saham sebesar 22 persen. Bank itu menjadi stand by buyer pada Penawaran Umum Terbatas IV Bank Bukopin ditahun 2018 lalu.

Direktur Manajemen Risiko Bank Bukopin, KB Kookmin Bank Jong Hwan Han mengatakan, KB Kookmin Bank tengah dalam tahap persiapan final secara internal, termasuk menyediakan dana pada escrow account untuk penambahan modal dalam PUT V Bank Bukopin.

Perseroan pun membuka kemungkinan menambah modal di Bank Bukopin melalui skema lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo mengatakan, proses right issue telah memasuki tahap penelaahan dokumen tahap akhir di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masuknya tambahan modal dari KB Kookmin Bank dapat membantu pengembangan bisnis yang berfokus pada segmen ritel, seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan segmen konsumer.

"Dari aksi korporasi ini, perseroan berharap akan memperkuat struktur permodalan untuk bisa menghadapi tantangan dan rencana bisnis ke depan," pungkas Eko.

Baca juga: Bisa Biayai Bayar Listrik Hingga BPJS, Ini 4 Produk Pembiayaan Bukopin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com