Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 3.000 Materi Pelatihan di Kartu Prakerja, yang Laku Hanya 1.010

Kompas.com - 19/05/2020, 19:45 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengungkapkan, saat ini setidaknya terdapat 3.000 pelatihan di dalam program Kartu Prakerja. Namun demikian, dari jumlah tersebut hanya 1.010 materi pelatihan yang laku dan dipilih oleh peserta Kartu Prakerja.

"Kami sudah melihat, ada 3.000 pelatihan yang tersedia, yang laku itu 1.010 kalau tidak salah," ujarnya dalam diskusi online yang diselenggarakan oleh Indef, Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Denni menjelaskan, Manajemen Pelaksana (PMO) memberikan kebebasan kepada peserta Kartu Prakerja untuk memilih pelatihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca juga: Garuda Indonesia Minta Perpanjangan Pelunasan Utang 500 Juta Dollar AS

Peserta pun memiliki penilaian tersendiri mengenai pelatihan yang dianggap perlu dan berkualitas.

"Ada pelatihan-pelatihan yang tidak dipilih konsumen. Kami memberi kedaulatan penuh ke konsumen. Kami membiarkan konsumen memilih sendiri pelatihan yang diinginkan," jelas Denni.

Denni menjelaskan, untuk beberapa pelatihan yang dianggap mahal lantaran modul pelatihan tersebut telah dipaketkan. Misalnya saja, untuk pelatihan-pelatihan yang dihargai Rp 1 juta, umumnya berisi enam jenis pelatihan.

Baca juga: DJSN Nilai Kenaikan Iuran BPJS Bagian dari Perbaikan Sistemik

Namun demikian, bila memang ada materi pelatihan yang dianggap peserta terlalu mahal, peserta kemudian pasti sudah akan memilih jenis pelatihan yang mungkin saja lebih murah.

Selain itu, Denni mengatakan saat ini Kartu Prakerja telah menyediakan pelatihan gratis.

Dia pun membuka kesempatan pada pihak-pihak yang bersedia melakukan donasi modul pelatihan melalui platform-platform digital yang telah tersedia.

"Yang namanya lembaga pelatihan dan jenis pelatihan itu terbuka, silahkan kemudian kalau mau donasi silahkan buat dengan harga Rp 1 atau Rp 0. Kalau khawatir soal komisi bisa ke Sisnaker, di situ komisinya Rp 0," jelas Denni.

Baca juga: Peserta Kartu Prakerja Pakai Uang Insentif untuk Kebutuhan Sehari-hari hingga Bayar Utang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com