Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Kebutuhan Uang Tunai di Babel Capai Rp 1,16 Triliun

Kompas.com - 21/05/2020, 18:01 WIB
Heru Dahnur ,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang tunai di Kepulauan Bangka Belitung selama Idul Fitri 2020 bisa menembus angka Rp 1,16 triliun.

Perkiraan kebutuhan tersebut bagian dari antisipasi kebutuhan selama Ramadhan, libur Idul Fitri serta kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang, Bank Indonesia telah mendistribusikan uang pecahan kecil kepada seluruh perbankan di wilayah Bangka Belitung ," kata Kepala BI Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: Cara Membayar Zakat Fitrah di Aplikasi Bukalapak

"Selanjutnya untuk mempermudah dan memitigasi penyebaran Covid-19, masyarakat dapat melakukan penukaran uang melalui loket kantor bank terdekat," sambungnya.

Menurut Tantan, berdasarkan denominasinya, uang pecahan kecil Rp 5.000 dan Rp 10.000 merupakan uang yang paling diminati masyarakat.

Masyarakat pun diminta untuk melakukan transaksi dengan memerhatikan protokol pencegahan COVID-19 (penggunaan masker dan physical distancing) dan hal lainnya yang disediakan perbankan seperti penyediaan hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh.

"Dengan sinergi Bank Indonesia bersama perbankan, ketersediaan uang tunai masyarakat Bangka Belitung dipastikan terjaga meski di tengah pandemik Covid-19," ujar Tantan.

Baca juga: Pegawai BUMN dan PNS Masuk 22 Mei, BI dan BEI Libur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com