Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Harga Gula, PT RNI Adakan Operasi Pasar

Kompas.com - 24/05/2020, 11:18 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya PT PG Rajawali II menggelar operasi pasar gula di beberapa titik di Jawa Barat, sejak 22-23 Mei 2020.

Direktur Utama PT PG Rajawali II Sagita Hariadin mengatakan, operasi pasar ini diharapkan dapat menekan harga gula di pasaran sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilogram (kg). Selama ini harga gula di pasaran bisa menyentuh Rp 18.000 per kg.

Operasi pasar dilaksanakan di sekitar wilayah kerja perusahaan, yaitu di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Subang. Rencananya operasi pasar ini akan dilakukan secara berkesinambungan sampai dimulainya musim giling tebu, yaitu sekitar bulan Juni 2020,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/5/2020).

Baca juga: Harga Gula Mahal, Ini Biang Keroknya Menurut KPPU

Selain itu, operasi pasar bertujuan untuk membantu masyarakat memperoleh gula dengan harga wajar dan kualitas yang baik di tengah situasi pandemik Covid-19 dan menjelang Lebaran. 

Sagita mengatakan, dalam operasi pasar ini perseroan menggelontorkan sekitar 5-10 ton gula untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran. Harga jual dari operasi pasar tersebut dipatok dengan harga Rp 12.000-Rp 12.500 per kg.

“Harga tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020. Untuk pemerataan, kami memberlakukan ketentuan dimana setiap orang maksimal dapat membeli sebanyak 2 kilogram gula,” ujarnya.

Dia kembali menjelaskan, dalam menentukan lokasi pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, mengingat ada beberapa lokasi yang berstatus zona merah covid.

“Dalam pelaksanaannya, kami melibatkan Kepolisian Sektor serta Komando Rayon Militer setempat agar pelaksanaannya tertib dan masyarakat yang datang disiplin dalam menerapkan aturan jarak fisik yang aman,” ujarnya.

Operasi pasar gula itu lanjut Sagita, juga dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat. Prosedur tersebut antara lain, pembeli diwajibkan memakai masker, mencuci tangan di tempat yang telah disediakan di sekitar lokasi sebelum melakukan pembelian, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer gun, dan penerapan jarak fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com