Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Mal Buka 5 Juni, Ini Kata Menko Airlangga

Kompas.com - 27/05/2020, 18:33 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto belum memberi kepastian mengenai rencana pembukaan pusat perbelanjaan atau mal di wilayah DKI Jakarta.

Padahal sebelumnya diberitakan, terdapat 67 mal di Jakarta yang bakal kembali beroperasi per 5 Juni 2020 mendatang.

Airlangga mengatakan, pemerintah masih belum memiliki rencana lain hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta berakhir pada 4 Juni 2020 mendatang.

"DKI masih PSBB sampai 4 Juni, belum ada rencana lain, masih menunggu PSBBB 2 minggu ini," kata Airlangga dalam video conference, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Beda Pernyataan Anies dan Pengusaha soal Pembukaan Mal

Diberitakan sebelumnya, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI resmi mengeluarkan daftar 67 mal di Jakarta yang bakal buka tanggal 5 Juni dan 6 mal lainnya pada tanggal 8 Juni 2020.

Ketua APPBI DKI Ellen Hidayat mengatakan, alasan dibukanya kembali puluhan mal tersebut lantaran pengelola pusat belanja dan retailer atau tenant mengalami kesulitan finansial akibat penutuan pusat perbelanjaan tersebut beberapa waktu lalu.

"Dampak ini juga secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya. Oleh sebab itu, atas dorongan para retailer dan tenant khususnya UKM yang minta agar mal segera dibuka," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Ellen berharap dengan dibukanya kembali mal akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia.

Selain itu, Ellen juga mengatakan adanya dorongan dari pemerintah agar pengusaha berani dan mulai menghadapi Covid-19. Apalagi ada Surat Keputusan dari Menkes dan adanya rencana berakhirnya PSBB DKI ke 3 pada tanggal 4 Juni 2020.

Nantinya untuk menambah tingkat keamanan dan kenyamanan kepada para pengunjung mal, Ellen mengatakan, pihak pengelola mal akan menerapkan Standard Operating Prosedure (SOP) di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Alasan Pengusaha Mau Buka Kembali 67 Mal di Jakarta pada 5 Juni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com