Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, 5 Juta Warung Akan Disuplai Produk Digital

Kompas.com - 28/05/2020, 21:32 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitra Bukalapak dan GrabKios melakukan kolaborasi untuk menyediakan dan menyalurkan produk digital di hampir 5 juta warung yang menjadi agen Mitra Bukalapak.

Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan. melalui kolaborasi ini GrabKios akan menyediakan produk digital di platform Bukalapak.

Nantinya produk digital tersebut dapat dijual oleh para pemilik warung kepada para pelanggannya sehingga bisa terus mendapatkan penghasilan di tengah pandemi.

Baca juga: Mau Pinjam Uang dari Fintech di Tengah Covid-19? Perhatikan 4 Hal Ini

"Dengan membantu mereka mempertahankan pendapatan di saat permintaan akan produk lain menurun, kami berharap melalui kolaborasi ini kestabilan perekonomian rakyat dapat terjaga," ujar Teddy dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Saat ini kata Teddy, keberadaan warung sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar di tengah pandemi Covid-19.

Ia percaya, ekonomi mikro yang berasal dari warung-warung menjadi penopang ketahanan perekonomian negara. Oleh karena itu kata dia, perlu ada kepedulian kepada para pengusaha mikro tersebut.

Baca juga: Empat Prinsip Kedai Sayur Lanjutkan Bisnis di Masa New Normal

Sementara itu, Head of GrabKios Grab Indonesia Agung Nugroho mengatakan, warung merupakan denyut nadi dan sumber kehidupan masyarakat Indonesia. Ia menyadari banyak warung yang berjuang melawan Pandemi.

Apalagi, berdasarkan Kementerian Koperasi dan UMKM, pelaku UMKM lah yang berkontribusi sebanyak 60 persen pada produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan 70 persen menyerap tenaga kerja di Indonesia.

"Oleh sebab itu melalui kerja sama ini kami berharap dapat mendorong peningkatan pendapatan warung dengan membantu mereka untuk melayani kebutuhan produk digital dari para pelanggan," kata dia.

Baca juga: Boleh Sambut “New Normal” dengan Belanja, Asalkan…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com