Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHPB Nasional Turun 0,10 Persen, Terdalam di Sektor Pertanian

Kompas.com - 02/06/2020, 14:54 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional turun sebesar 0,10 persen pada Mei 2020 secara bulanan (mtm).

Kepala BPS Suhariyanto menuturkan, penurunan disebabkan oleh sektor pertanian, pertambangan dan penggalian. Namun, penurunan IHPB tertinggi terjadi pada sektor pertanian sebesar 0,95 persen.

Turunnya IHPB pertanian mengikuti pergerakan harga konsumen, yakni terjadi penurunan harga beberapa komoditas pertanian pada Mei 2020.

Dengan begitu, perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0,61 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 0,86 persen.

"Di antaranya adalah telur ayam ras, kelapa sawit, bawang butih, bawang bombai, cabai merah, gula pasir, minyak goreng, dan beras. Secara tahunan, IHPB pertanian turun sangat kecil, yaitu 0,86 persen," kata Suhariyanto dalam konferensi video di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Sedangkan, IHPB konstruksi meningkat 0,11 persen. Dari sisi kelompok bangunan, hampir semua kelompok bangunan terjadi inflasi dengan yang terbesar terjadi pada bangunan pekerjaan umum untuk pertanian.

"Kalau kita lihat menurun jenis komoditas, ada kenaikan harga komoditas paku, mur, dan sejenisnya, semen, minyak pelumas, kawat dan sejenisnya, serta cat dan sejenisnya," sebut Suhariyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com