Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Penyelesaian LRT Jabodebek Molor

Kompas.com - 04/06/2020, 19:24 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) menyatakan, pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek baru akan rampung pada tahun 2022, mundur dari target semula yakni tahun 2021.

Direktur Operasi 2 Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengatakan, hal tersebut utamanya diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Pasalnya, dengan adanya pembatasan seperti protokol physical distancing sejak awal Maret 2020, pengerjaan LRT sempat terhambat.

Baca juga: Begini Skema Tapera Menurut BTN

"Sehingga pada waktu itu kita sempat mengalami produktivitas yang turun," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/6/2020).

Selain itu, Pundjung menyebutkan, proses pembebasan lahan untuk depo juga menghambat progres LRT Jabodebek. Sehingga, pihaknya memproyeksikan seluruh sistem dan uji coba tanpa masinis baru bisa dilaksanakan pada Maret 2022.

"Kita sudah memfungsikan secara penuh sistem persinyalan menjadi sistem tanpa masinis, itu di bulan Maret tahun 2022," katanya.

Baca juga: 5 Negara Ini Akan Ikut Laporkan Harta WNI di Luar Negeri

Setelah itu, masih akan ada proses uji coba yang dilakukan langsung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) selama 3 bulan. Oleh karenanya, LRT Jabodebek baru akan beroperasi penuh pada Juni 2022.

Dengan mulai diterapkannya protokol normal baru atau new normal, Pundjung optimis intensitas pembangunan LRT akan dapat kembali bangkit secara bertahap.

"Dengan sudah adanya normal baru diharapkan kita bisa mulai lagi melakukan aktivitas dengan full speed mulai Juli," ucapnya.

Baca juga: Setelah Pemerintah Kebanjiran Peminat Surat Utang...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com