Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Melemah

Kompas.com - 05/06/2020, 09:39 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka pada zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (5/6/2020).

Melansir data RTI, pukul 09.09 WIB, IHSG berada pada level 4.871,86 atau turun 44,84 poin (0,91 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 4.916,7.

Sebanyak 126 saham melaju di zona hijau dan 114 saham di zona merah. Sedangkan 129 saham lainnya stagnan.

 

Baca juga: PSBB Diperpanjang, IHSG Diprediksi Bakal Melemah

Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 791,5 miliar dengan volume 773,1 juta saham.

Indeks saham Asia pagi ini dibuka mayoritas negatif.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,12 persen dan, Indeks Nikkei Tokyo turun 0,32 persen, dan indeks komposit Shanghai juga turun 0,03 persen. Sementara itu, Indeks Strait Times Singapura naik 0,15 persen

Sebelumnya, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan mengatakan pelemahan IHSG hari ini terdorong akibat rencana pemerintah memperpanjang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga 4 Juni 2020 yang merupakan masa transisi.

Baca juga: IHSG Ditutup di Zona Merah

“Kita pikir berpotensi melemah. Yang pertama, aksi profit taking di pasar, dan kedua memang PSBB di dalam negeri yang diperpanjang. Karena pasar berharap PSBB berakhir, lalu ada perpanjangan walau untuk periode transisi,” kata Hans kepada Kompas.com, Jumat.

Sementara itu, Indeks saham Eropa ditutup negatif kemarin dengan penurunan Indeks FTSE 0,64 persen dan Xetra Dax 0,45 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com