Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Luhut buat Milenial: Jangan Hanya Jadi Sekrup!

Kompas.com - 05/06/2020, 11:39 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, di era digital seperti saat ini, generasi muda harus berkreasi dan menciptakan sesuatu yang dapat dibanggakan. 

“Kalian para anak muda harus ada kreasi, ciptakan kreasi. Jadi jangan hanya jadi sekrup, tetapi kalian harus menciptakan tempat untuk sekrup tersebut, kalian mengatur sedemikian rupa sekrup-sekrup tersebut, sehingga tercipta sesuatu yang hebat,” ujarnya ketika melakukan diskusi virtual bersama tim DANA Indonesia, Jumat (5/6/2020).

Terkait pemulihan ekonomi, Luhut menyatakan dukungan pemerintah untuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Selain itu juga adanya peran dompet digital untuk distribusi logistik bagi masyarakat. 

“Platform penjualan online menjadi solusi karena mampu bertahan di tengah pandemi, namun banyak juga UMKM yang belum melek online. Oleh karenanya, kini saatnya kita bergotong royong merangkul UMKM. Kemudian, salah satu tantangan pemerintah, ialah jalur distribusi logistik, dompet digital akan sangat dipertimbangkan,” tuturnya.

Luhut pun menjelaskan berbagai isu terkini yang mengemuka, termasuk menjabarkan berbagai upaya dan kerja total pemerintah dalam melakukan pengendalian dan pemulihan ekonomi dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

“Pola hidup kita harus berubah menjadi lebih sehat dan bersih. Pemerintah telah menetapkan regulasi untuk mengubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan ketahanan kesehatan. Budaya memakai masker, jaga jarak, dan lebih sering mencuci tangan akan menjadi kebiasaan baru masyarakat kita,” katanya.

Mantan perwira TNI ini berpesan bahwa kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan sangat diperlukan. Dan peran anak-anak muda kreatif untuk turut mengkampanyekan hal tersebut kepada masyarakat juga sangat penting. 

“Itu penting untuk mengurangi kasus baru Covid-19. Untuk pemulihan ekonomi, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah, agar semua kementerian/lembaga meningkatkan pembelian produk ekonomi kreatif, baik via e-commerce atau e-catalogue LKPP, sejalan dengan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia," ujarnya.

Selain itu, lanjut Luhut, dapat meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domestik dan asing. Tetapi, tetap mengutamakan protokol keamanan dan keselamatan dan mencakup aspek kebersihan dan kesehatan di destinasi wisata.

"Asal jujur, bekerja keras, kerja dengan hati, berbuat baik dengan semua orang tanpa ada batasan SARA, saya yakin bisa melewati segala tantangan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com