Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Anggota G20 Sepakat Gelontorkan Rp 294 Triliun Lawan Corona

Kompas.com - 06/06/2020, 12:33 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

CAIRO, KOMPAS.com - Negara-negara anggota G20 yang masuk dalam ketegori negara kaya dan berkembang sepakat bakal menggelontorkan lebih dari 21 miliar dollar AS atau sekitar Rp 294 triliun (kurs Rp 14.000) untuk memerangi pandemi virus corona.

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (6/6/2020), dana tersebut bakal digunakan untuk vaksin, terapi, hingga penelitian dan pengembangan.

"Negara-negara anggota G20, dan negara lain yang diundang telah mengoordinasi upaya global untuk mendukung perang melawan pandemi Covid-19). Saat ini, anggota G20 dan negara terundang lainnya telah berjanji untuk menyumbangkan 21 miliar dollar AS dana dukungan untuk mendanai dunia medis," jelas G20.

Baca juga: Lawan Corona, G20 Luncurkan Inisiatif untuk Permudah Akses Alat Kesehatan

Pada bulan April lalu, yayasan tersebut telah meminta seluruh negara anggota, organisasi nirlaba, yayasan filantropi hingga sektor swasta untuk membantu menutup kekurangan dana dalam melawan pandemi Covid-19 yang sebesar 8 miliar dollar AS.

Arab Saudi yang kini menjabat sebagai ketua G20 telah berjanji menghibahkan 500 juta dollar AS untuk mendukung upaya global dalam melawan pandemi.

Secara lebih rinci, anggaran tersebut bakal dialokasikan sebesar 150 juta dollar AS untuk Koalisi Kesiapan dan Inovasi Epidemi, sebesar 150 juta dollar AS untuk Aliansi Global untuk vaksin dan imunisasi, dan 200 juta dollar AS sisanya auntuk organisasi dan program-program kesehatan lainnya.

Baca juga: Di Pertemuan G20, Sri Mulyani Bahas Pajak Digital dengan Menkeu Arab Saudi

Setidaknya saat ini tercatat sebanyak 391.108 jiwa di dunia tewas akibat pandemi Covid-19 dengan lebih dari 6,68 juta penduduk dunia telah terinfeksi virus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com