Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diproyeksikan Menguat Pekan Depan, Ini Faktor Pendorongnya

Kompas.com - 06/06/2020, 21:14 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Anugrah Mega Investama Hans Kwee memproyeksikan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan depan akan konsolidasi menguat di level rentang 4.851- 5.112.

Ia menyebut kerusuhan sosial di AS yang saat ini terjadi belum berdampak pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Tetapi bila berlangsung lama akan merusak kepercayaan konsumen dan mengganggu rencana pembukaan ekonomi sehingga mengganggu trend naik pasar saham," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/6/2020).

Selain itu ia juga mengatakan memanasnya hubungan AS dan China yang berlangsung dari pekan sebelumnya masih menjadi perhatian pasar.

Baca juga: Akhir Pekan, IHSG Ditutup Positif

Hans juga berpendapat ekspansi stimulus oleh Bank Sentral Eropa (ECB) sebesar 600 miliar euro berada di atas harapan pelaku pasar dan ini menjadi sentimen yang positif bagi pasar keuangan.

"Tapi sebaliknya, pertumbuhan ekonomi Eropa masih diprediksi jelek, sehingga menjadi sentimen negatif pasar. Kami perkirakan data ekonomi berbagai negara masih akan jelek terimbas penguncian ekonomi akibat dari dampak pandemi Covid-19," katanya.

Sebelumnya perlu diketahui IHSG pada penutupan perdagangan, Jumat (5/6/2020) yang lalu ditutup menguat sebesar 0,63 persen pada level 4.967. Sepanjang minggu ini IHSG mengalami reli yang positif dan bahkan sempat menyentuh di level 5.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com