Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Sore Ini Ditutup Melemah

Kompas.com - 10/06/2020, 16:33 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg Rabu (10/6/2020) rupiah ditutup pada level Rp 13.980 per dollar AS atau melemah 90 poin sebesar 0,65 persen dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 13.975 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah sore ini terjadi karena pelaku pasar merespon negatif terhadap kasus pandemi Covid-19 di Indonesia yang bertambah menjadi 1.043 orang dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

“Hal ini sekaligus menjadi rekor tertinggi penambahan kasus harian. Per hari ini jam 14.30 wib kasus positif Covid-19 menjadi 33.076, sementara yang sembuh 11.414 sedangkan yang meninggal 1.923,” kata Ibrahim.

Walaupun mengalami lonjakan kasus, Ibrahim berharap pemerintah tidak berpikir ulang untuk kembali menerapkan social distancing serta pembatasan sosial, karena berpotensi memperlambat perekonomian.

“Wajar kalau pelaku pasar agak takut dan cemas. Ini karena kekhawatiran (penambahan kasus) bisa terlihat dari keluarnya arus modal asing dari pasar keuangan dalam negeri.” Kata Ibrahim.

Di samping itu Bank Indonesia hari ini melakukan intervensi dipasar guna menjaga stabilitas mata uang rupiah dan membendung sentimen negatif dari proyeksi Bank Dunia (World Bank) yang meramalkan, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan mengalami stagnasi akibat dampak pandemi virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com