Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Sektor Anjlok akibat Corona, Realisasi Penerimaan Pajak Jeblok

Kompas.com - 16/06/2020, 14:43 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dampak pandemi virus corona (Covid-19) telah mencakup seluruh sektor dalam perekonomian.

Hal tersebut terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang mengalami tekanan atau tumbuh negatif 10,8 persen jika dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu.

Hingga akhir Mei, penerimaan pajak sebesar Rp 444,6 triliun atau setara dengan 35,4 persen dari target yang ditetapkan dalam Perpres 54 2020.

Baca juga: Tertekan Corona, Realisasi Penerimaan Pajak Baru Rp 434,4 Triliun

"Seluruh penerimaan per sektor usaha utama di Januari hingga Mei 2020 tumbuh negatif," jelas Sri Mulyani dalam paparannya, Selasa (16/6/2020).

Lebih rinci dirinya menjelaskan, untuk industri pengolahan realisasi penerimaan pajaknya mencapai Rp 126,14 triliun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, angka tersebut tumbuh negatif 6,8 persen.

Adapun untuk sektor perdagangan, realisasinya sebesar Rp 84,91 triliun atau mengalami kontraksi 12 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Industri jasa keuangan dan asuransi yang tahun lalu masih bisa tumbuh penerimaannya sebesar 9,9 persen, tahun ini mengalami kontraksi 1,6 persen dengan realisasi sebesar Rp 69,36 triliun.

Baca juga: Ditjen Pajak Akan Cek Kelengkapan Dokumen SPT Mulai 1 Juli

Adapun untuk industri konstruksi dan real estate, tercatat mengalami kontraksi sebesar 11 persen dengan realisasi Rp 27,63 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com