Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BLT Dana Desa Tahap II Mulai Disalurkan

Kompas.com - 17/06/2020, 12:00 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap II disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar sudah mulai berjalan.

Adapun, Peraturan Menteri Desa (Permendes) terkait perpanjangan Bantuan BLT Dana Desa tahap II untuk tiga bulan berikutnya juga disebut Abdul Halim sudah dikeluarkan pihaknya.

"Permendes kita keluarkan hari ini, jadi kalau dihitung per April, Mei, Juli BLT Dana Desa tahap I, maka 3 bulan berikutnya Juli, Agustus, September. Salur April kan kecil ngga banyak, jadi mungkin nanti agak mundur juga," kata Abdul Halim saat teleconferece BLT Dana Desa pada Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 3.000

Ia menyampaikan untuk BLT Dana Desa tahap II saat ini sudah tersalurkan di 18.448 desa. Mengenai penyaluran tahap kedua, dijelaskannya akan berjalan secara simultan.

"Jadi secara simultan, fokus penuntasan penyaluran tahap pertama, tahap kedua mulai jalan. Dan ini kita sudah tidak lagi komando, prosesnya sudah dipahami jadi otomatis berjalan di lapangan," imbuhnya.

Dari berita Kontan.co.id sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengubah skema penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa BLT Dana Desa.

Baca juga: Jasa Marga: Volume Lalu Lintas yang Menuju Jakarta Turun

Kebijakan tersebut, tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Melalui aturan ini, pemerintah menambah besaran dan jangka waktu pemberian BLT Dana Desa kepada masyarakat.

Awalnya sebesar Rp 1,8 juta per keluarga penerima manfaat (KPM), mengalami peningkatan menjadi Rp 2,7 juta/KPM. Pemerintah juga memperpanjang jangka waktu pemberian BLT ini dari sebelumnya 3 bulan menjadi 6 bulan. (Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Sri Mulyani: Realisasi Anggaran Kesehatan Masih Kecil, Baru 1,54 Persen

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menteri Desa PDTT: BLT Dana Desa tahap II sudah mulai jalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com