Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Garuda Pastikan Pramugari Tetap Kenakan Masker Selama Penerbangan

Kompas.com - 19/06/2020, 21:13 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan seluruh awak kabin pesawat akan tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) selama penerbangan berlangsung, sebagai bentuk komitmen pelaksanaan protokol kesehetan.

Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra membantah kabar awak kabin maskapai pelat merah tersebut akan berhenti menggunakan masker dan hanya mengenakan face shield saja.

"Rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda pada prinsipnya merupakan APD pelengkap atau tambahan bagi awak kabin dan tidak menggantikan masker yang saat ini telah digunakan oleh awak kabin kami," tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Telkom Bagikan Dividen Rp 15,26 Triliun

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan.

"Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa yang tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," katanya.

Selain penggunaan face shield, berbagai alat penunjang lainnya tengah disiapkan Garuda untuk memfasilitasi keamanan dan kenyamanan awak kabin serta penumpang selama penerbangan.

Baca juga: Dirut Garuda Gambarkan Terminal 3 Bandara Soetta Layaknya Kuburan

"Hingga rencana penggunaan apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang," ujar Irfan.

Menurutnya, adaptasi seperti rencana-rencana tersebut menjadi sangat penting selama penerbangan periode tatanan baru atau new normal.

"Ini guna menjaga kepercayaan dan minat pengguna jasa untuk kembali merencanakan perjalanan menggunakan layanan transportasi udara," ucap Irfan.

Baca juga: YLKI Nilai PLN Berpotensi Langgar UU Perlindungan Konsumen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com