Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Imbas Corona, Pendapatan Rumah Tangga Turun 76 Persen

Kompas.com - 25/06/2020, 16:41 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei yang dihelat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, pendapatan rumah tangga anjlok 76 persen sejak kasus positif virus corona dikonfirmasi di Indonesia pada Maret 2020.

Survei dilakukan terhadap responden pada 18-20 Juni 2020.

"Pendapatan rumah tangga pada awal Maret 2020 yang mengatakan turun itu meningkat secara drastis. Angkanya disekitar 76 persen. Sekarang ini 76 persen mengatakan pendapatan menurun dibandingkan sebelum wabah covid," ujar Direktur Media SMRC Ade Armando melalui webinar virtual, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: BPS: 7 dari 10 Masyarakat Ekonomi Bawah Mengalami Penurunan Pendapatan

Responden yang menyatakan pendapatan rumah tangganya tetap sebesar 54 persen di awal Maret.

Namun demikian, pada Juni ini, responden yang mengatakan pendapatan rumah mereka tetap hanya berkisar 19 persen.

"Semenjak April, mula-mula 24 persen, sekarang turun jadi 19 persen," ucapnya.

Ade menuturkan, pasca wabah virus corona berakhir, ada keoptimisan 46 persen responden yang mengatakan akan lebih baik. Sementara, yang berpendapat lebih buruk sebesar 23 persen.

"Ternyata jawabannya cukup optimis 46 persen yang mengatakan akan lebih baik (pasca wabah virus corona). Yang mengatakan lebih buruk 23 persen, yang tidak mengatakan ada perubahan sekitar 22 persen. Jadi ada harapan bahwa kondisi ekonomi lebih baik kalau wabah Covid-19 berakhir," ujarnya.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Keuangan saat Pendapatan Berkurang akibat Covid-19

Sementara, untuk kondisi keuangan rumah tangga pada tahun 2021, awal Maret 58 persen mengatakan optimis membaik. Lalu, memasuki Mei, pernyataan optimis itu justru menurun.

"Kalau diperkirakan setahun ke depan keadaan ekonomi rumah tangga, pada bulan Maret, masih ada 58 persen yang mengatakan ekonomi rumah tangga setahun ke depan atau 2021 akan membaik. Tapi pada awal Mei itu turun hanya menjadi 27 persen," ujarnya.

"Survei kita yang terakhir, orang mengatakan percaya bahwa keadaan ekonomi rumah tangga setahun ke depan membaik," sambung Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com