Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini Rupiah Dibuka Menguat

Kompas.com - 26/06/2020, 10:05 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (26/6/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.12 WIB rupiah berada pada level Rp 14.105 per dollar AS. Rupiah menguat 70 poin (0,49 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.175 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah hari ini terjadi akibat penguatan pada harga asset-aset berisko seperti indeks saham Asia dan nilai tukar emerging market terhadap dollar AS.

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp 14.175 Per Dollar AS

“Penguatan ini mengikuti penguatan yang terjadi di pasar keuangan AS semalam. Namun, pasar keuangan masih terjadi tarik menarik antara sentimen pemulihan ekonomi dan sentimen kekhawatiran kenaikan kasus dan second wave Covid-19,” jelas Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, data Pesanan Barang Tahan lama AS bulan Mei 2020 dirilis lebih bagus dari ekspekatsi, terjadi pertumbuhan 15,8 persen, setelah sebelumnya mengalami penurunan 17,7 persen.

“Ini membuktikan ekonomi mulai berekspansi kembali pasca dibukanya perekonomian di tengah pandemi,” jelasnya.

Di sisi lain, angka kasus Covid-19 masih mengkhawatirkan pelaku pada global di mana jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu. Kekhawatiran ini menahan sentimen positif rupiah, sehingga aset berisiko naik-turun di kisaran yang sama.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 14.050 per dollar AS sampai dengan Rp 14.200 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com