Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekspor, LPEI dan Bank Mandiri Kerja Sama Penjaminan Kredit

Kompas.com - 26/06/2020, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam kerja sama penjaminan kredit bank.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pembiayaan ekspor serta mendukung agenda pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19.

Kerja sama ini tercantum dalam Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan yang ditandatangani oleh Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto dan Dikdik Yustandi, Direktur Pelaksana I LPEI bersama Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang di Kantor Pusat LPEI, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Dorong Ekspor, Indonesia Eximbank Perkuat Penjaminan dan Pembiayaan

Agus menyampaikan, kerja sama ini merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2009 pasal 7C yaitu penjaminan bagi bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor yang telah diberikan kepada eksportir Indonesia.

“Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah kami untuk mempertegas posisi LPEI sebagai Credit Enchancer bagi perbankan. Selain itu, kami juga berharap kerja sama ini juga dapat berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Jumat.

Sejumlah hal yang menjadi ruang lingkup kerja sama antara LPEI dan Bank Mandiri meliputi fasilitas penjaminan dan asuransi kredit, berbagai layanan perbankan Bank Mandiri, serta kerja sama sosialisasi dan edukasi yang dapat disepakati kedua belah pihak ke depannya.

LPEI optimis dukungan yang diberikan melalui produk penjaminan kredit akan turut membantu bank dalam pembiayaan ekspor atau sebagai Credit Enhancer, sehingga perbankan dapat memperluas pembiayaan ekspor.

Baca juga: Standard Chartered dan Indonesia Eximbank Kerja Sama Fasilitasi Eksportir Indonesia ke Afrika

Sementara itu, Donsuwan mengatakan, Bank Mandiri memiliki komitmen kuat mendukung industri berbasis ekspor untuk bisa bangkit agar dapat menghasilkan efek domino yang kuat kepada sektor riil.

Dia menambahkah, pihaknya juga siap mendukung LPEI melalui layanan perbankan elektronik untuk memudahkan operasional LPEI, baik secara internal maupun dengan mitra usaha.

“Hal ini juga sejalan dengan keinginan Bank Mandiri menjadi modern digital bank untuk merealisasikan visi sebagai mitra perbankan utama nasabah,” terang Donsuwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com