Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BFI Finance Bakal Bagi Dividen Rp 180 Miliar

Kompas.com - 29/06/2020, 19:00 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) akan membagikan dividen sebanyak Rp 180 miliar atau sebesar Rp 12 per lembar saham pada 9 Juli 2020 kepada para pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan. Sementara pembayaran akan dilakukan 29 Juli 2020.

Pengumuman rencana pembagian dividen ini disampaikan Perseroan pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPSTLB), Senin (20/6/2020) melalui vitual dengan prokotol kesehatan yang ketat.

“Kami mengakui 2019 lalu adalah tahun yang tidak mudah bagi industri pembiayaan yang juga berdampak pada kinerja bisnis BFI Finance. Namun, Perusahaan berhasil melewati rintangan dengan performa bisnis yang apik dan tetap membagikan dividen sebagai bentuk nyata komitmen kami atas dukungan para investor selama ini,” kata Finance Director & Corporate Secretary BFI Finance, Sudjono.

Baca juga: Simak Jadwal Pembagian Dividen Saham Pekan Ini

Jumlah dividen yang nantinya akan dibagikan adalah 25 persen dari laba bersih tahun buku 2019 yakni sebesar Rp 712 miliar. Sisa laba bersih tahun buku 2019 tersebut juga akan disisihkan untuk cadangan sebesar Rp 5 miliar, untuk memperkuat permodalan perusahaan.

Selain pembagian dividen, agenda RUPSTLB juga mengagendakan pengesahan Laporan Keuangan Perusahaan 2019 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik “Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang & Rekan” dengan opini audit “Wajar Tanpa Modifikasian”, dan mengesahkan laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris Perusahaan.

Perseroan berhasil menutup tahun buku 2019 dengan pertumbuhan total pendapatan sebesar Rp 5,2 triliun atau naik 4,4 persen dibandingkan pada tahun 2018. Perusahaan juga mempertahankan Non-Performing Financing (NPF) di angka 0,85 persen. Sementara itu, total pembiayaan baru pada kuartal pertama tahun 2020 adalah sebesar Rp 4 triliun, atau naik 20,7 persen year-on-year (yoy).

Terkait dengan kondisi pandemic Covid-19, perusahaan memutuskan untuk memperketat penyaluran pembiayaan konsumen baru sebagai antisipasi pembiayaan bermasalah akibat pandemi.

“Sepanjang pandemi masih berlangsung, kami belum ada target pertumbuhan. Perusahaan akan meninjau kembali setelah kondisi membaik, meski sekarang masyarakat berangsur-angsur sudah menjalani aktivitas new normal,” ungkap Sudjono.

Menjelang akhir bulan Juni 2020, BFI Finance memberikan relaksasi kredit kepada 54.000 nasabah atau 9,4 persen dari kontrak aktif secara nasional. Relaksasi kredit ini diperkiraan bernilai sekitar Rp 3,6 triliun atau 20 persen dari total pokok pinjaman konsumen di BFI Finance (total ENR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com