Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Pandemi Covid-19, 12 Juta Orang Meksiko Kehilangan Pekerjaan

Kompas.com - 01/07/2020, 10:31 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber Reuters

MEKSIKO CITY, KOMPAS.com - Sebanyak 12 juta orang Meksiko telah kehilangan pekerjaan sejak Maret 2020, sebagai bagian dari jatuhnya ekonomi akibat wabah Covid-19.

Data resmi menunjukkan, jumlah orang yang bekerja di sektor informal dilaporkan melonjak signifikan akibat hal itu.

Mengutip Reuters, Rabu (1/7/2020), Badan Statastik Nasional INEGI menyatakan, tingkat partisipasi ekonomi Meksiko pada Juni adalah 47,4 persen. Angka itu lebih rendah dari 47,5 persen pada Mei 2020 (mtm) dan 60,2 persen (yoy) pada Mei 2019.

Baca juga: Tiga Jurus Menaker Tekan Angka Pengangguran Akibat Pandemi

Adapun tingkat partisipasi ekonomi adalah tingkat yang mengukur persentase populasi usia kerja di pasar tenaga kerja.

"Sebanyak 12 juta orang Meksiko kehilangan pekerjaan disebabkan adanya penangguhan kerja sementara waktu akibat penerapan social distancing (jarak sosial)," kata INEGI.

Badan statistik setempat menekankan, mereka yang tengah menganggur tidak dibayar selama pekerjaannya ditangguhkan. Mereka pun tidak dijamin akan diperkerjakan kembali jika karantina wilayah telah dibuka.

Baca juga: Hari Ini, Larangan Penggunaan Kantong Plastik Berlaku di Jakarta

Akibatnya, jumlah orang Meksiko yang bekerja di sektor informal telah meningkat tajam menjadi 22,6 juta orang. Jumlah itu naik 4,1 persen pada Mei dibanding April 2020.

Sebagai informasi, data tersebut dikumpulkan dari jajak pendapat melalui telepon, sebagai pengganti sementara survei tatap muka reguler yang dilakukan INEGI. Survei tatap muka ditangguhkan sementara akibat pembatasan sosial.

Ekonomi Meksiko sendiri telah dihantam oleh pandemi Covid-19. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan, produk domestik bruto (PDB) negara itu dapat menyusut hingga 10,5 persen tahun ini. Penyusutan yang terbesar sejak tahun 1930-an.

Baca juga: Cerita Pemilik Warung Kopi Dihantam Pandemi, Menolak Gulung Tikar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com