Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Aplikasi Warung Pangan, Apa Kegunaannya?

Kompas.com - 03/07/2020, 12:40 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki mengunjungi salah satu mitra warung pangan di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung penggunaan aplikasi mitra warung pangan oleh pelaku UKM.

Aplikasi Mitra Warung Pangan merupakan aplikasi berbasis digital yang diperuntukkan bagi pemilik warung untuk membeli stok bahan pangan dari BUMN Pangan.

“Melalui aplikasi tersebut, pemilik warung dapat membeli stok kebutuhan warung, berupa bahan sembako, seperti beras, minyak, dan gula, dengan mudah dan bebas biaya pengiriman,” ujar Teten dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Suvenir Bali Kini Jualan via Online

Dalam kunjungan ini Teten didampingi oleh Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno.

Kepada Tri, Teten meminta kepada BGR Logistics selaku penyedia layanan aplikasi dan barang, agar mampu memberikan harga yang terjangkau. Sehingga pelaku UKM sebagai pengguna aplikasi dapat terus menggunakan aplikasi tersebut.

“Ke depannya, melalui program ini, Kementerian Koperasi dan UKM akan menggandeng sejumlah pihak lainnya, seperti koperasi dan UKM produsen, kelompok tani, maupun gapoktan, sebagai penyedia barang, yang dapat dijual melalui aplikasi Warung Pangan,” kata dia.

Sementara itu, Tri menambahkan, pemilik warung yang saat ini telah terdaftar sebagai mitra Warung Pangan dapat membeli barang melalui aplikasi dan melakukan pembayaran baik melalui transfer bank maupun secara tunai (cash on delivery).

“Barang yang dipesan akan langsung diantarkan dari gudang BGR Logistics kepada warung yang memesan,” ucap dia.

Selain aplikasi Mitra Warung Pangan, BGR Logistics juga telah menyiapkan aplikasi bagi masyarakat untuk dapat membeli barang di warung, yang telah terdaftar menjadi mitra Warung Pangan.

Baca juga: Riset: Pendapatan UMKM Bakal Naik 160 Persen Jika Jualan via Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com