Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasih Ada Waktu untuk Investasi ORI017

Kompas.com - 03/07/2020, 21:31 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tanggal 15 Juni 2020, pemerintah mulai menawarkan ORI dengan seri ORI017. Sesuai namanya, ORI ini merupakan ORI ketujuhbeas yang telah diterbitkan pemerintah.

Masa penawaran akan ditutup pada 9 Juli 2020 mendatang, artinya masih ada waktu kurang dari seminggu untuk calon investor melakukan pembelian.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), SBN merupakan salah satu instrumen investasi yang aman karena dilindungi oleh undang-undang. Salah satu SBN yang masih dalam masa penawaran adalah Obligasi Negara Ritel atau disebut dengan ORI.

Baca juga: Investasi Mulai Rp 1 Juta, ORI017 Sudah Bisa Dipesan Hari Ini

Tentunya seiring dengan perkembangan teknologi calon investor dapat melakukan penawaran secara online. Maka dari itu SBN akan berbentuk elektronik atau disebut e-SBN.

SBN ORI memiliki karakteristik seperti bentuk tanpa warkat (scripless), memiliki kupon bunga tetap (fixed rate) artinya tidak berubah hingga jatuh tempo, dan memiliki potensi imbal hasil dengan keuntungan maupun kerugian. Terakhir adalah pembeliannya dimulai dengan membeli sebanyak Rp 1 juta hingga maksimal Rp 3 Miliar.

Untuk mengenal lebih dekat dengan Investasi melalui SBN ORI017 simak beberapa keuntungannya:

  • Memiliki tingkat bunga deposito diatas bank BUMN
  • Memiliki imbal hasil tetap 6.40 persen per tahun
  • Kupon dibayar setiap bulan ORI017
  • Pembayaran kupon dilakukan setiap tanggal 15 setiap bulannya.
  • Jatuh tempo pada 15 Juli 2023 atau masa 3 tahun investasi.
  • Pemilik dapat memindahbukukan setelah melewati pembayaran kupon yakni 15 September 2020 (Holding Period)

Baca juga: Jika Investasi ORI017 Rp 1 Juta, Begini Perhitungan Imbal Hasilnya

Tentunya mudah juga untuk melakukan investasi melalui SBN ORI017 di tengah pandemi. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembelian ORI017:

  • Registrasi secara online melalui mitra distribusi yang tersebar di Bank maupun Fintech Investasi lainnya. Calon investor akan mendapatkan Single Investor Identification (SID), rekening dana dan/atau Rekening Surat Berharga.
  • Jika sudah berhasil lakukan pemesanan melalui mitra distribusi sesuai masa penawarannya. Hal ini tentunya investor akan menyetujui pernyataan melalui Memorandum Informasi.
  • Lakukan pembayaran melalui metode yang dipilih jika telah mendapatkan notifikasi melalui email atau sms dengan munculnya kode pembayaran.
  • Jika pembayaran berhasil investor akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) sebagai tanda berhasilnya transaksi pembayaran dan anda tercatat sebagai investor ORI017.

Masa penawarannya SBN ORI017 kurang dari seminggu akan ditutup. Jika anda berminat bisa lakukan pembelian di mitra distrubusi secara online. (Editor: Bimo Kresnomurti)

Baca juga: Investasi ORI017 dan Deposito, Lebih Untung Mana?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kurang dari seminggu, masa penawaran SBN ORI017 akan ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com