Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenaker Alokasikan Rp 2 Miliar untuk Bangun BLK Perfilman

Kompas.com - 07/07/2020, 17:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, akan membangun dua Balai Latihan Kerja (BLK) untuk komunitas perfilman. Pihaknya mengalokasikan Rp 2 miliar untuk proyek tersebut.

"Kami alokasikan anggarannya saja, satu BLK anggarannya Rp 1 miliar," ujarnya dalam acara penyerahan SKKNI Bidang Perfilman di Innovation Room Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Ia mengatakan, anggaran tersebut untuk keperluan pembangunan, penyediaan peralatan, program pelatihan, hingga pembayaran tenaga pengajar. Sedangkan, lokasi pembangunan BLK bergantung pada asosiasi perfilman yang menyediakan lahan.

Baca juga: RI Jadi Upper Middle Income Country, Sri Mulyani: Belum Tentu Kita Jadi High Income...

"Kami tawarkan BLK komunitas perfilman, Bapak/Ibu yang sediakan lahannya, kalau ada tanah yang tersedia, kami akan bangunkan gedungnya," kata dia.

Ida menjelaskan, rencana pembangunan BLK komunitas perfilman ini, untuk menjawab salah satu kebutuhan industri kreatif tersebut dalam memenuhi sumber daya manusia yang kompeten.

Lewat pendidikan dan pelatihan (diklat) perfilman diyakini mampu meningkatkan komptensi para pekerja di industri perfilm. Sehingga perfilman dalam negeri pun semakin berdaya saing.

Baca juga: Jamin Kredit UMKM, Dua BUMN Ini Disuntik Sri Mulyani Rp 6 Triliun

"Kami sepakat bahwa peningkatan komptensi (bagi pekerja industri perfilman) itu sangat dibutuhkan, saya ingin merespons itu," kata dia.

Sementara itu, Pemain Film Reza Rahadian yang tergabung Organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) mengatakan, pelatihan memang sangat diperlukan bagi para pekerja di industri perfilman. Tapi, ia berharap BLK tersebut bisa menyediakan pelatihan dengan bebas biaya.

"Mudah-mudahan pelatihannya gratis dan sistemnya seperti scholarships lah, jadi harus lulus uji dulu, mungkin ada beberapa persyaratan (untuk lulus)," ucapnya.

Baca juga: Kawasan Resor Mewah Batam Ini Dilelang Online Rp 950 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com