Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong IKM ke Pasar E-commerce, Apa yang Dilakukan Pemerintah?

Kompas.com - 09/07/2020, 19:44 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengaku akan terus membantu sektor Industri Kecil Menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital. Selain itu, pemerintah juga berharap produk-produk industri nasional bisa bersaing dengan produk asing.

Oleh karena itu, melalui program bertajuk Bangga Buatan Indonesia, pemerintah ingin masyarakat bisa mendapatkan kebutuhannya dari barang-barang yang diproduksi industri di dalam negeri.

“Sesungguhnya sudah banyak industri kita yang menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif. Jadi, kami bertekad untuk mendorong produsen tersebut bisa memasarkan produknya ke market Indonesia, termasuk sektor IKM masuk ke pasar e-commerce,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan tertulis, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Biodiesel, Upaya RI Lepas dari Belenggu Kampanye Negatif Soal Sawit

Ingin mewujudkan IKM go digital, Kementerian Perindustrian mengaku telah menjalankan berbagai langkah strategis, di antaranya menginisiasi program e-Smart IKM yang diluncurkan sejak tahun 2017. Tujuannya untuk memfasilitasi pelaku IKM di dalam negeri bisa memanfaatkan platform e-commerce.

Selain itu, pemerintah juga mengaku sudah menggelar kegiatan bimbingan teknis atau pelatihan tentang pemasaran dan kemasan produk. Pada 14 Mei lalu, pemerintah menginisiasi gerakan Bangga Buatan Indonesia.

"Upaya tersebut sesuai anjuran Bapak Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar semua kebutuhan lokal 100 persen bisa didapatkan atau disuplai dari industri dalam negeri," tuturnya.

Baca juga: Susi Pernah Borong 30 Pesawat, Sandiaga Uno: Kayak Beli Kacang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com