Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Penambahan Modal, Bank Mayapada Berpeluang Naik Kelas

Kompas.com - 13/07/2020, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mayapada Tbk berpeluang naik kelas menjadi kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 4 atau bank yang memiliki modal inti di atas Rp 30 triliun.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi, terkait info adanya suntikan modal dari grup institusi finansial terbesar Taiwan, Cathay Life Insurance Co Ltd kepada perseroan.

Hariyono mengatakan, pihak Bank Mayapada maupun pemilik, Dato Sri Tahir pun tak keberatan dengan tambahan suntikan modal dari Cathay Life Insurance.

Baca juga: Dato Sri Tahir Tambah Modal ke Bank Mayapada Lewat Aksi Tukar Guling

“Ya, Cathay sekarang sudah 40 persen dan mereka adalah financial institutions yang paling besar di Taiwan. Mereka akan ikut memperkuat permodalan PT Bank Mayapada," kata Hariyono dalam keterangan tertulis, Senin (13/7/2020).

"Pak Tahir mengharapkan dengan mereka memperkuat permodalan, tidak menutup kemungkinan menjadikan Bank Mayapada menjadi BUKU 4," imbuh Hariyono.

Terkait informasi tersebut, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo juga membenarkan hal itu. Saat ini, menurut Slamet Edy, sedang dalam proses due diligence untuk memperkuat modal Bank Mayapada.

"Itu sudah melakukan due diligence, kemungkinan besok sudah clear. Kalau sudah clear nanti ada KJPP, tinggal masalah harga, tinggal injeksi modal dia mau berapa, sehingga dia menguasai berapa," terang Slamet Edy.

Baca juga: Bank Mayapada Rombak Jajaran Direksi

Suntikan modal Cathay masuk melalui aksi korporasi yang dilakukan Bank Mayapada dengan menerbitkan saham baru (rights issue).

Melalui mekanisme itu, Cathay yang memiliki 37,33 persen saham perseroan akan menambah kepemilikan hingga menjadi mayoritas.

"Dia akan menjadi mayoritas, mungkin Pak Tahir akan dilusi atau turun kepemilikannya. Ya tidak apa-apa, yang penting dia punya kemampuan keuangan yang bagus dan punya komitmen untuk pengembangan bank yang lebih baik. Cathay ini sebenarnya lembaga keuangan terbesar di Taiwan, itu perusahaan besar yang sudah tidak diragukan lagi. Artinya kita tidak perlu khawatir," ujar Slamet Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com