Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Gandeng 3 BUMN untuk Perawatan Kapal

Kompas.com - 14/07/2020, 14:44 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama dengan 3 perusahaan galangan kapal BUMN yang tergabung dalam Klaster Industri Manufaktur (KIM).

Ketiga perusahaan tersebut adalah, PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), serta PT Industri Kapal Indonesia (Persero).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, kerja sama tersebut sejalan dengan komitmen optimalisasi tingkatan komponen dalam negeri (TKDN) Pertamina.

Oleh karenanya, perseroan berupaya agar kontribusi nasional tetap optimal termasuk dalam pengadaan kapal milik Pertamina.

Baca juga: Wamen BUMN Sebut Luhut Kerap Tanya Pengeluaran Pertamina, Mengapa?

“Dalam 5 tahun ke depan, Pertamina akan melakukan pengadaan 48 kapal dan sebanyak 15 kapal akan dilakukan di dalam negeri. Inilah yang bisa dijadikan langkah awal untuk pengembangan galangan kapal dalam negeri sehingga bisa memperkuat bisnis dalam negeri,” ujar Nicke, dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Pertamina dengan BUMN Galangan Kapal, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut Nicke menuturkan, kerja sama dengan BUMN Perkapalan juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Pertamina melalui ketepatan dan percepatan dalam penanganan pemeliharaan, perbaikan dan penggantian komponen kapal serta fasilitas pendukung lainnya.

“Nantinya akan lebih fleksibel sehingga bisa melakukan docking di lokasi terdekat. Hal ini juga akan menjadikan perawatan dan pemeliharaan kapal Pertamina lebih efisien,” ujarnya.

Nicke menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk mengawal TKDN sejak tahap perencanaan sampai monitoring dan implementasinya di seluruh subholding.

Baca juga: 400 Karyawan Garuda Indonesia Pilih Pensiun Dini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com