Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian BUMN Bersama Pemprov DKI Genjot Minat Masyarakat Naik Angkutan Umum

Kompas.com - 16/07/2020, 06:43 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan minat masyarakat khususnya di wilayah Jakarta untuk naik angkutan publik hingga saat ini masih belum mencapai harapan.

Ia menyebut, sistem pengintegrasian yang dilakukan oleh PT JakLingko diharapkan bisa meningkatkan kembali minat masyarakat untuk naik angkutan publik.

"Kita ketahui bahwa minat masyarakat untuk masuk ke transportasi publik masih belum mencapai harapan. Diharapkan dengan adanya integrasi ini termasuk dengan integrasi dari moda dan juga integrasi pembayarannya bisa mendorong masyarakat untuk semakin menikmati transportasi publik dengan nyaman dan aman," ujarnya ujarnya melalui pressconference secara virtual, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Kemenhub: Lebaran, Jumlah Penumpang Angkutan Umum Turun 98 Persen

Kementerian BUMN akan terus berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta Menteri Perhubungan (Menhub) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sekaligus untuk memaksimalkan nilai ekonomi dari bisnis yang dijalankan.

Kartika juga menjelaskan pada bulan lalu Kementerian BUMN bersama PT MITJ dan Pemprov DKI telah meresmikan 4 stasiun terpadu di Jakarta.

Stasiun yang dimaksud meliputi Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jaunda, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Sudirman. Tak hanya itu, saat ini pun juga sedang dilakukan penataan di 5 stasiun lain yang terdiri dari Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia, Stasiun Palmerah dan Stasiun Jakarta Kota.

"Hari ini merupakan langkah kedua pengintegrasian transportasi publik di Jakarta yaitu dari sistem pembayaran. Ini merupakan terobosan besar, dimana semua proses pembayaran antar moda saling terintegrasi, terkoneksi termasuk ticketing untuk angkutan darat," katanya.

Baca juga: Kemenhub Imbau Masyarakat Gunakan Masker di Angkutan Umum

Kartika berharap dengan adanya integrasi ini juga membuat masyarakat bisa merasakan keamanan dan kenyamanan dalam bertransportasi.

Sebelumnya perlu diketahui PT JakLingko Indonesia akan mengintegrasikan sistem pembayaran dan tarif semua moda transportasi di Jakarta.

Melalui pengintegrasian ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan satu device, baik dalam bentuk kartu atau cellphone yang bisa digunakan ketika berkendara menggunakan TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT), CommuterLine dan moda transportasi lainnya yang tergabung dalam sistem JakLingko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com