Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Minta Pelaku Usaha Bisa Beradaptasi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/07/2020, 21:33 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi Kewirausahaan Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi (Kemenkop UKM) Nasrun Siagian meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa beradaptasi di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19.

Salah satu cara beradaptasi yang bisa dilakukan, menurut dia, adalah dengan mengubah produk-produk yang dijual sebelumnya dengan produk-produk yang dibutuhkan oleh banyak masyarakat saat ini.

"Misalnya saja bagi pelaku usaha yang memiliki usaha cafe yang dulunya menjual kopi, saya kira saat ini bisa menambah menunya dengan berjualan minuman kesehatan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (20/7/2020).

Baca juga: 5 Strategi yang Dilakukan Kemenkop UKM untuk Mempercepat UMKM Naik Kelas

Dengan begitu kata dia pelaku UMKM bisa kembali mendapatkan tambahan penghasilan di masa pandemi ini.

Selain itu, Nasrun juga meminta pelaku UMKM bisa melakukan penjualan secara digital. Apalagi saat ini, kata dia, pola konsumsi masyarakat sudah bergeser ke ranah digital.

Berdasarkan data yang ia terima, Nasrun menyebutkan saat ini Indonesia adalah negara yang memiliki pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, selain itu juga Indonesia memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 150 juta pengguna.

"Saya kira angka ini terus bertambah apalagi sekarang kita lihat sendiri banyak yang sudah berbelanja menggunakan digital. Situasi ini seharusnya bisa kita manfaatkan, warung-warung tetangga ataupun warung orang tua kita seharusnya sudah bisa kita buat penjualannya secara digital," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com