Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perusahaan Asing Mau Pindah ke RI, Bakal Serap 30.000 Tenaga Kerja

Kompas.com - 21/07/2020, 13:07 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan Promosi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Alma Karma mengatakan, sebanyak 7 perusahaan sudah sepakat untuk merelokasikan usahanya dari China ke Indonesia.

Ketujuh perusahaan itu bakal berinvestasi sebesar 850 juta dollar AS dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja hingga 30.000 orang.

"Tujuh perusahaan sudah pasti melakukan realokasi ke Indonesia, 17 lainnya berminat melakukan realokasi, dan 119 perusahan lainnya masih dalam identifikasi," kata Alma dalam diskusi daring, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Perusahaan Ini Buka Banyak Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA hingga S1

Adapun 17 perusahaan yang berminat melakukan realokasi berpotensi mengucurkan dana investasi sebesar 37.000 juta dollar AS dan mampu menyerap tenaga kerja 112.000 orang.

Sedangkan 119 perusahaan lainnya berpotensi investasi sebesar 41.392 juta dollar AS dengan penyerapan 162.000 tenaga kerja.

Sementara itu, tertariknya 7 perusahaan merealokasi ke Indonesia karena upaya BKPM yang telah mengidentifikasi investor potensial sebagai usaha promosi investasi yang terfokus.

Tercatat, BPKM telah melakukan identifikasi terhadap 143 perusahaan yang akan merealokasi bisnis dari China, AS, Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan Hong Kong.

Baca juga: Harga Tanah hingga Upah Pekerja Tinggi Bikin Investor Tak Lirik Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com