Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN : Seluruh Kabel Listrik Hingga kWh Meter Sudah Melalui Tahap Pengujian

Kompas.com - 23/07/2020, 06:30 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyatakan seluruh infrastruktur listrik seperti kabel hingga kWh meter sudah melalui proses uji coba dan standarisasi yang berlaku.

Proses standarisasi dilakukan oleh PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif) yang bergerak di bidang pengujian, inspeksi dan sertifikasi. Standarisasi dilakukan terhadap material yang akan digunakan PLN, baik di sisi transmisi, distribusi, hingga kWh meter PLN.

"Seluruh peralatan listrik yang kami gunakan, misalnya seperti kabel dan kWh meter yang dipasang oleh PLN, sudah melalui tahap pengujian untuk dilakukan standarisasi di tempat kami," ujar General Manager PLN Pusertif, Septa Hamid, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (23/7/2020).

Baca juga: PLN Pertimbangkan Beri Diskon untuk Pelanggan Industri yang Ingin Tambah Daya

Dengan adanya standarisasi ini, seluruh material kelistrikan yang terpasang pada instalasi PLN dipastikan memiliki fitur, fasilitas dan kualitas yang sama meskipun berbeda pabrik pembuatnya.

"Standar yang telah ditetapkan ini akan menjadi panduan bagi pabrikan yang memasok hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan PLN," katanya.

Selain itu, dalam menetapkan standarisasi peralatan, PLN juga memperhatikan besaran tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Sebagai contoh, standar PLN untuk meter prabayar disusun dengan merujuk pada standar International yang berlaku dalam industri meter prabayar dan disesuaikan (customize) dengan kebutuhan PLN dan pelanggan.

"Jadi siapapun produsennya, standarnya sama. Untuk peralatan instalasi kami cek kualitasnya, untuk kWh meter kami cek akurasinya, kami harus pastikan semuanya sesuai standar," ujarnya Septa.

Baca juga: Mau Tambah Daya Listrik? PLN Beri Diskon Jadi Hanya Rp 170.845

Tidak hanya itu, PLN Pusertif juga menerima pengujian dan standarisasi peralatan kelistrikan yang akan digunakan para peminta jasa.

"Jadi kami tidak hanya melakukan sertifikasi untuk produk PLN saja, tetapi juga untuk peminta jasa di luar PLN, khususnya yang berhubungan dengan kelistrikan," katanya.

Executive Vice President Corporate Communicaton and CSR PLN menegaskan, di tengah pandemi Covid-19, PLN terus menjaga pasokan dan keandalan listrik tetap terjaga.
"Kami menyadari listrik merupakan kebutuhan vital masyarakat, kami berupaya menjaga kualitas layanan dan terus menjamin pasokan demi kepuasan pelanggan," ucap Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com