Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Anak Nasional, Luhut: Keluarga Harus Jadi Rumah Pertama bagi Anak

Kompas.com - 23/07/2020, 18:11 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, mempunyai kesan bagi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Terutama di masa pandemi virus corona (Covid-19) yang masih mendera.

Menurut Luhut, keluarga harus jadi rumah perlindungan anak yang paling aman dan nyaman.

"Saya pikir keluarga harus jadi rumah yang pertama dan utama dalam untuk perlindungan anak. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, di mana anak-anak juga ikut terdampak secara sosial dalam proses belajar dan pengasuhan," katanya dikutip melalui akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Luhut: 180.000 Pekerja Sektor Wisata dan 2.000 Hotel Terdampak Corona

Luhut menilai, orang tua menjadi lebih perhatian terhadap anak di masa pandemi ini, sehingga bisa melaluinya dengan nyaman. Sekaligus membuat anak berkembang tanpa rasa khawatir.

"Tetapi saya ingin hal ini tidak serta merta bisa mengurangi perhatian dan kasih sayang kita terhadap anak, malah saya pikir seharusnya jadi kesempatan bagi kedua orang tua bagaimana menciptakan ruang yang aman, terlindungi, serta menggembirakan bagi anak-anak dalam proses tumbuh kembang mereka," ujarnya.

Karena hanya dengan berada di lingkungan pengasuhan yang aman, nyaman, dan gembira, lanjut Luhut, anak-anak Indonesia bisa mengeluarkan potensi terbaik dalam dirinya untuk menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan tangguh.

Dalam keterangan media sosialnya, ia mengatakan salah satu warisan terbaik yang bisa diberikan orang tua kepada anak-anak adalah pendidikan.

"Dari sosok ayah, anak mendapatkan pengetahuan tentang ketangguhan dan karakter kuat. Dari sosok ibu, anak mendapatkan pengetahuan tentang kasih sayang dan budi pekerti luhur," ujarnya.

Untuk itulah, lanjut mantan Satgas Tempur Koppasus ini, peran mendidik anak bukan hanya dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi perlu kerja sama yang kompak oleh kedua orang tua.

"Selamat Hari Anak Nasional 2020, anak terlindungi, Indonesia Maju," katanya.

Baca juga: Menko Luhut: Tadi Pak Presiden Telepon Saya Pagi-pagi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com