Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Buka Usaha Sampingan dari Rumah? Biar Laris, Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 27/07/2020, 13:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka bisnis atau usaha sampingan di rumah aja di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19) adalah ide yang menarik. Sebab, usaha sampingan berpotensi memberikan sumber penghasilan baru atau tambahan yang menjanjikan.

Bisnis sampingan yang bermula dari rumah saja tak bisa dianggap remeh. Apalagi sekarang ini usaha kecil-kecilan juga mempunyai peluang yang sama tingginya untuk bertumbuh menjadi bisnis besar dan menguntungkan di masa depan.

Tidak perlu bingung mencari ide usaha. Ada banyak ide bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan mulai dari jualan makanan, minuman, frozen food kekinian, hingga alat-alat penunjang kesehatan seperti masker, hand-sanitizer, dan face shield.

Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Sampingan Agar Bisa Raup Cuan

Bagi Anda yang tergolong pemula alias belum pernah berdagang. Anda pasti bingung harus mulai dari mana? Modalnya berapa dan bagaimana biar usaha lancar?

Pertama-tama, sebaiknya Anda tak perlu kebanyakan berpikir alias overthinking. Miliki niat yang kuat, buat rencana dan mulai lakukan aksi nyata secara bertahap.

Kuncinya, pastikan Anda tidak malas untuk meluangkan waktu guna membuat rencana bisnis sederhana dan mencari ide-ide segar.

Nah, agar usaha sampingan yang baru dirintis laris manis, praktikkan tips ini, seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (27/7/2020).

1. Pilih Usaha yang Ingin Dibuka

Saat Anda membuat rencana bisnis, tentukan beberapa ide usaha yang cocok untuk Anda. Miliki beberapa ide usaha, lalu nanti tentukan mana yang akan dijadikan usaha utama, dan usaha cadangan.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan, misalnya memasak. Anda bisa langsung mencari ide masakan atau membuat camilan kekinian.

Baca juga: Teknologi Digital Bikin Ibu Rumah Tangga Mampu Kembangkan Usaha

Setelah ketemu ide usaha yang cocok, lakukan riset sederhana. Luangkan waktu untuk cek bagaimana orang lain berjualan dan sukses.

Misalnya, Anda ingin bisnis jualan pudding coklat. Riset pasar dengan cara memesan makanan dari toko A dan B. Tes bagaimana rasa makanan tersebut dan apakah seenak rasa pudding buatan Anda, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk menciptakan suatu produk yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Biar laris manis, pastikan Anda menjaga kualitas dan memberikan harga jual yang kompetitif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com