Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Gerakan Non Tunai, Jenius Luncurkan Fitur QR Code

Kompas.com - 27/07/2020, 15:40 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenius, solusi perbankan dari PT Bank BTPN Tbk meluncurkan fitur untuk mendorong peningkatan pembayaran non tunai, yaitu Jenius QR.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintaradja mengatakan, fitur ini diluncurkan selain untuk mendukung kenyamanan bertransaksi masyarakat digital savvy Indonesia, juga sekaligus mendukung program Bank Indonesia (BI) untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai.

“Melalui proses kokreasi, Jenius mendengar kebutuhan digital savvy akan cara pembayaran yang semakin mudah dan simpel, salah satunya layanan transaksi non-tunai. Untuk itu, kami memperkenalkan Jenius QR sebagai metode pembayaran baru secara non-tunai untuk transaksi yang lebih simpel, cerdas, dan aman karena transaksi tersebut langsung terhubung dengan Saldo Aktif dan tercatat di Transaction History," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Jenius Hadirkan Fitur untuk Kelola Keuangan

Selain itu, imbuh Waasi, Jenius QR diharapkan bisa memaksimalkan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar bisa meminimalisir kontak fisik, termasuk ketika melakukan transaksi pembayaran dan memberikan kemudahan bagi merchant serta para pengguna Jenius.

Masa adaptasi kebiasaan baru ini, kata dia, telah mengubah kebiasaan dan cara dalam melakukan segala hal, termasuk dalam mengakses kebutuhan finansial hingga pengalokasian dana agar dapat bertahan di tengah situasi saat ini.

Dia juga menjelaskan, Jenius QR dapat diterima untuk beragam jenis transaksi di jaringan QRIS mana pun.

Pengguna cukup memindai (scan) QRIS dengan Jenius untuk melakukan pembayaran minimal Rp 10.000 di semua merchant QRIS seluruh Indonesia, mulai dari jajan di warung sampai belanja di toko dan makan di restoran, saat akan melakukan pembayaran.

Baca juga: Jaring Talenta Lokal, Jenius Tech Hub Hadir di Bandung

"Pengguna cukup memindai QRIS dengan aplikasi Jenius tanpa perlu berpindah ke aplikasi lain dan tanpa repot top up lagi. Pembayaran QRIS dengan Jenius akan memotong Saldo Aktif dan setiap transaksinya akan langsung tercatat di Moneytory, sehingga pengguna dapat mengetahui dan melacak pengeluaran dengan lebih simpel," jelas Waasi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com