Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apindo Klaim Industri Perhotelan Rugi hingga Rp 40 Triliun di Kuartal II-2020

Kompas.com - 30/07/2020, 05:08 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terpukul karena mewabahnya pandemi Covid-19. Jumlah kunjungan tamu menurun drastis.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan tingkat okupansi hotel yang tercatat pada bulan Mei 2020 di Indonesia hanya 14,45 persen.

"Jumlah penerbangan domestik pun juga ikut menurun, dibandingkan dengan Mei tahun lalu turun sekitar 98,34 persen. Sementara potensi yang hilang dari industri pariwisata bisa sampai 6 miliar dollar AS selama Januari-Juni 2020," ujarnya dalam diskusi Planet Tourism Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh MarkPlus secara virtual, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Luhut: 180.000 Pekerja Sektor Wisata dan 2.000 Hotel Terdampak Corona

Selain itu, Haryadi juga mengatakan, bahwa ada sekitar 2.000 hotel dan restoran yang tutup pada kuartal II tahun 2020, dengan kerugian masing-masing mencapai Rp 40 triliun dan Rp 45 triliun.

Sementara, jika dibagi per kota, dari Januari sampai tengah Juli, okupansi hotel di Jakarta hanya 20 persen, Batam 10 persen, Jogja 10 persen, dan Bali paling terdampak dengan hanya 1 persen saja.

"Dengan drastisnya penurunan tersebut, harapan pelaku pariwisata memang ada pada pemerintah yang memegang kendali pemulihan Covid-19. Kita juga berharap dengan mulai dibukanya destinasi wisata sedikit demi sedikit bisa memulihkan sektor ini kembali," katanya.

Di sisi lain, Haryadi juga mengatakan berdasarkan dari hasil riset yang ia dapatkan, masyarakat Indonesia memiliki sentimen positif terhadap sektor pariwisata dibanding negara-negara ASEAN lain.

 

Baca juga: Siasat Hotel di Daerah Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Dengan adanya sentimen positif ini, ia berpendapat bahwa ekonomi Indonesia bisa kembali pulih dengan cepat dari pukulan hebat yang disebabkan oleh mewabahnya pandemi Covid-19.

"Malaysia juga positif, namun negara-negara ASEAN lain mencatatkan sentimen negatif. Artinya apa? jika masyarakat Indonesia punya sentimen positif, pariwisata akan pulih lebih cepat," katanya.

Ia juga menyebutkan dalam analisis data yang ia dapatkan berdasarkan postingan di sosial media tersebut, angka sentimen Indonesia ada di angka 7 persen, sementara negara ASEAN lain menghasilkan angka sentimen negatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com