Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat Tipis

Kompas.com - 30/07/2020, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (30/7/2020) menguat tipis.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.15 WIB rupiah berada pada level Rp 14.518 per dollar AS atau menguat tipis 25 poin (0,17 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.543 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan hari ini rupiah akan mengalami tekanan, diantara dua sentimen positif dan negatif. Sentimen negatif muncul dari hasil obligasi pemerintah AS yang turun di kisaran 0,58 persen.

Baca juga: Rupiah Sore Ini Ditutup Melemah Tipis

Di sisi lain, pemerintah AS masih mempertahankan kebijakan moneter yang longgar dan stimulus besar dalam jangka waktu lama untuk mendukung penguatan asset berisiko.

“Dua sentimen yang bertolak belakang ini berpotensi membuat rupiah bergerak dalam kisaran sempit seperti kemarin,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Obligasi AS yang turun mengindikasikan kekhwatiran pasar, serta penurunan minat investor terhadap aset aman dollar AS yang masih tinggi.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.450 per dollar AS sampai dengan Rp 14.600 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com