Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Idhul Adha Malam Ini, Pemudik Diminta Perhatikan Waktu Perjalanan

Kompas.com - 02/08/2020, 18:32 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu (2/8/2020) malam hingga Senin (3/8/2020) dini hari. Pengguna jalan diminta untuk mengatur waktu perjalanan dengan memperhatikan potensi-potensi kepadatan.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menyatakan, lonjakan arus balik berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Baca juga: Arus Balik Idul Adha, Mulai Hari Ini Angkutan Besar Sumbu 3 Dibatasi Masuk Jalan Tol

Oleh sebab itu, kata Widiyatmiko, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang saat ini masih berada di luar Jakarta, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk dapat memulai perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal atau setelah hari Minggu.

"Sebab, dikhawatirkan bila bepergian secara bersamaan dan menunda-nunda perjalanan di hari ini, maka Minggu malam akan terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang bisa mengakibatkan antrean sangat panjang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/8/2020).

Guna mendorong tercapainya arus lalu lintas (lalin) dan layanan optimal, Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan agar memaksimalkan persiapan sebelum bepergian kembali ke Jakarta. Persiapan yang dimaksud mencakup memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan kecukupan BBM kendaraan.

“Mengingat ada potensi kepadatan di SPBU di rest area pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kami mengimbau pengguna jalan untuk mengisi BBM kendaraannya terlebih dahulu sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” katanya.

Sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa menuju Jakarta dapat mengisi BBM di Rest Area Km 208B Jalan Tol Palikanci.

Sementara pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi menuju Jakarta bisa mengisi BBM di Rest Area Km 88 atau Km 72B Jalan Tol Cipularang.

Skenario Urai Kepadatan Kendaraan di Arus Balik

Jasa Marga dengan pihak-pihak terkait telah menyiapkan sejumlah skenario dalam mengatasi potensi kepadatan lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik Idul Adha 1441 H yang diprediksi memasuki puncaknya pada Minggu malam ini.

Pertama dengan menjaga layanan dalam kondisi prima dan optimal sesuai kebutuhan gerbang tol. Untuk transaksi, Jasa Marga akan membuka seluruh gardu di GT Cikampek Utama.

Kedua, untuk mengatasi gangguan arus lalin, seperti kendaraan mogok atau pecah ban, kami menyiagakan kendaraan layanan mobile customer service dan derek untuk stand by di titik-titik rawan.

"Ketiga, kami akan mengatur buka-tutup rest area bila diperlukan akibat membludaknya kendaraan yang ingin memasuki rest area sehingga mengganggu arus lalin di jalan tol,” tambah Widyatmiko.

Di sisi lain, Jasa Marga juga berkoordinasi dengan Kepolisian sebelum melakukan rekayasa lalin. Misalnya contraflow yang disiapkan mulai dari Km 65 atau menjelang Dawuan sampai dengan Km 47 pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Bagi pengguna jalan yang menuju Jakarta dan memilih menggunakan lajur contraflow, maka mereka tidak bisa melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek II ( Elevated) yang akses masuknya di Km 48,” jelasnya.

Sebelum memasuki titik awal contraflow, Widiyatmiko kembali mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM kendaraannya sampai Jakarta. Lantaran, bila kehabisan BBM di lajur contraflow, maka akan menghambat kendaraan-kendaraan di belakangnya.

"Kondisi ini juga akan mempersulit evakuasi oleh petugas,” kata Widiyatmiko.

Persiapan lainnya yang juga perlu diperhatian pengguna jalan adalah membawa bekal selama perjalanan dan mematuhi protokol kesehatan di rest area maupun fasilitas-fasilitas lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com