Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BFI Finance Bakal Terbitkan Obligasi Sebesar Rp 500 Miliar

Kompas.com - 03/08/2020, 17:19 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2020 dengan nilai emisi sebesar Rp 500 miliar.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk mendukung penyaluran pembiayaan perseroan pada semester II tahun 2020.

Penerbitan Obligasi ini sebagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) IV dengan total target penghimpunan dana sebesar Rp 8 triliun yang telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Obligasi Berkelanjutan IV BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2020 ditawarkan dalam dua seri, yakni Obligasi Seri A berjangka waktu 370 hari kalender terhitung sejak Tanggal Emisi, sementara Obligasi Seri B berjangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak Tanggal Emisi.

Baca juga: Ekspansi Kredit, BTN Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Triliun

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan BFI Finance, Sudjono mengatakan BFI Finance sudah melakukan penerbitan Obligasi sejak tahun 2007 dengan total nilai emisi lebih dari Rp 11 triliun sampai dengan tanggal 30 Juni 2020.

“Dari jumlah emisi tersebut telah dilunasi lebih dari Rp 8,5 triliun sesuai dengan tanggal jatuh tempo masing-masing Obligasi,” kata Sudjono keterangan resminya, Senin (3/8/2020).

Adapun masa penawaran awal Obligasi Berkelanjutan IV BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2020 dimulai dari tanggal 28 Juli 2020 sampai dengan 12 Agustus 2020.

Sementara pembayaran dari investor dijadwalkan pada tanggal 7 September 2020 dan Perseroan akan menerima dana hasil emisi Obligasi ini pada tanggal 8 September 2020.

“Obligasi Berkelanjutan IV BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2020 ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 9 September 2020,” tambah dia.

Dalam penerbitan obligasi ini, perseroan menunjuk lima Penjamin Pelaksana Emisi yakni, PT BNI Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas. Dalam hal ini, Bank BNI ditunjuk sebagai Wali Amanat.

Sudjono menjelaskan BFI Finance memperoleh hasil pemeringkatan efek jangka panjang dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) dengan peringkat ‘A+(idn)’.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com