Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Kinerja Pasar Saham Membaik sejak Dua Minggu Lalu

Kompas.com - 04/08/2020, 14:18 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, kinerja pasar saham sudah mulai membaik sejak dua minggu terakhir, dengan capaian Indeks Harga Saham Gabungan di atas 5.000.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, membaiknya kinerja pasar saham bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan di dunia.

Penguatan pasar modal didorong oleh investor domestik, khususnya investor ritel.

Baca juga: New Normal dan Pelonggaran PSBB Bakal Picu Pasar Saham Menguat

Namun, tak dimungkiri, IHSG masih mengalami fluktuasi di awal Agustus karena ada faktor eksternal, seperti berita resesi di sejumlah negara.

"Indeks (IHSG) turun cukup drastis di Maret, namun sudah mulai membaik, steady, bahkan sejak dua minggu terakhir di atas 5.000. Meski tertekan kembali karena adanya info resesi di negara Eropa," kata Wimboh dalam konferensi video, Selasa (4/8/2020).

OJK mencatat, investor asing pada akhir Juli telah melakukan aksi beli (net buy) sebesar Rp 1,5 triliun, dan Rp 5,06 triliun di pasar Surat Berharga Negara (SBN).

"Memang awal Agustus tertekan kembali. Indeks turun menjadi 5.006 dalam waktu sehari kemarin, karena adanya data deflasi dan retensi investor atas data PDB di kuartal II-2020," tutur Wimboh.

Baca juga: IHSG Bergejolak, Dana Pensiun Diminta Masuk ke Pasar Saham

Namun, saat awal perdagangan BEI pada Selasa ini, IHSG kembali dibuka pada zona hijau. Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.048,96 atau naik 42,7 poin (0,85 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.006,22.

Sebanyak 197 saham melaju di zona hijau dan 76 saham di zona merah, sedangkan 119 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 681,3 miliar dengan volume 888,4 miliar saham.

Sementara di regional, mayoritas indeks berada di zona hijau. Indeks Nikkei Tokyo memimpin dengan kenaikan 1,49 persen, kemudian indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,81 persen, dan indeks Strait Times bertambah 0,79 persen. Sedangkan indeks Komposit Shanghai terkoreksi 0,19 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com