Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Dibuka Menguat Tajam Didorong Paket Stimulus AS

Kompas.com - 05/08/2020, 09:38 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (5/8/2020) menguat tajam.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.20 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.524 per dollar AS atau menguat tajam 100 poin (0,69 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.624 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pagi ini mata uang emerging markets terlihat menguat terhadap dollar AS. Hal ini didukung oleh prospek persetujuan stimulus lanjutan pemerintah AS senilai 1 triliun dollar AS untuk memulihkan ekonomi AS yang terdampak pandemi.

Baca juga: IHSG Dibuka Melemah Jelang Rilis Data Pertumbuhan Ekonomi RI

“Stimulus yang besar memberikan sentimen positif ke aset berisiko karena stimulus berdampak positif ke perekonomian. Rupiah berpotensi menguat,” kata Ariston kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Ariston mengatakan dengan stimulus berjumlah besar tersebut, tentunya bisa menekan nilai tukar dollar AS, karena potensi banyaknya uang yang beredar.

Ariston memproykesikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 per dollar AS samapi dengan Rp 14.700 per dollar AS.

Baca juga: Naik Rp 19.000, Harga Emas Antam Pecahkan Rekor Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com