Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin: Saya Amat Yakin Triwulan III Ini Akan "Rebound"

Kompas.com - 05/08/2020, 22:08 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meyakini, pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal pulih pada kuartal III 2020.

"Saya amat yakin triwulan III ini akan rebound," katanya kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Keyakinannya tersebut berdasarkan data purchasing manager's index (PMI) manufaktur dan kinerja ekspor industri yang terus membaik di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19).

Baca juga: Sri Mulyani: Indonesia Belum Alami Resesi

PMI manufaktur Indonesia pada bulan Juli 2020, berada di level 46,9 atau naik dibandingkan bulan sebelumnya yang menempati posisi 39,1. Lonjakan 7,8 poin ini berdasarkan hasil survei yang dirilis IHS Markit.

Hal ini didasari oleh peningkatan kepercayaan bisnis terhadap kondisi pasar yang lebih normal.

"Kita bisa lihat bahwa PMI dan kinerja ekspor industri menunjukkan kinerja yang membaik," katanya.

Pemerintah pun telah memberikan banyak stimulus kepada pelaku industri, usaha, serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk menggairahkan kembali kinerja mereka.

"Pemerintah sudah menggulirkan berbagai macam stimulus untuk dunia kerja, bahkan yang terbaru kami akan menghapuskan biaya minimum listrik 40 jam nyala bagi industri. Khusus untuk sektor industri, kami mempersiapkan adanya stimulus khusus modal kerja yang dapat dinikmati oleh UMKM maupun sektor industri," katanya.

Lebih lanjut Menperin mengatakan, pihaknya saat ini terus memantau dan mendorong semaksimal mungkin agar stimulus-stimulus yang telah diberikan dapat segera terasa di masyarakat.

Perlu diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II 2020 minus hingga 5,32 persen. Secara kuartalan, ekonomi terkontraksi 4,19 persen dan secara kumulatif terkontraksi 1,26 persen.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 5,32 Persen pada Kuartal II-2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com