Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pandemi Corona, Milenial Jadi Investor Terbesar Bitcoin

Kompas.com - 07/08/2020, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - JP Morgan melaporkan, milenial menjadi investor terbesar mata uang kripto (cryptocurrency) bitcoin selama pandemi virus corona.

Sedangkan, emas masih dibanjiri oleh kalangan investor yang lebih tua. Keduanya mengalami peningkatan harga di masa pandemi ini.

Menanggapi hal ini, CEO Indodax Oscar Darmawan berpandangan, kedua generasi tersebut berusaha untuk mengamankan kekayaan dari resesi ekonomi secara global dengan cara membeli bitcoin dan emas. Kedua aset investasi yang paling aman saat ini.

Baca juga: Tidak Cuma Emas, Harga Bitcoin Juga Melonjak di Tengah Pandemi

Analisa JPMorgan menyimpulkan, kalangan milenial justru menghindari reksa dana dan ekuitas. Sehingga, mereka mengalihkan uangnya ke bitcoin dan emas.

“Saya sependapat dengan Analis JPMorgan tersebut. Baik kaum generasi old dan generasi zaman now mengalihkan investasinya ke bitcoin dan emas. Saat masa pandemi ini, keduanya menunjukkan performa yang fantastis dibandingkan produk investasi lainnya yang melemah karena Covid-19,” kata Oscar dalam keterangan tertulis, Jumat (7/8/2020).

Menurutnya, fenomena itu juga terjadi di Indonesia. Investor bitcoin di Indodax umumnya diminati oleh investor yang masih muda atau dari kalangan milenial.

Adapun pembelian bitcoin secara masif terjadi semenjak awal tahun 2020. Tidak hanya investor muda, bahkan, investor-investor tua di Indonesia juga tidak ingin ketinggalan dengan anak-anak milenial.

Baca juga: Di Tengah Virus Corona, Bagaimana Cuan Investasi Bitcoin?

Faktanya, investor tua di Indonesia juga sudah mulai membeli bitcoin dan aset kripto untuk investasi di Indodax.

“Di Indonesia, orang tua sudah mulai berminat mengoleksi bitcoin. Meski memang tidak sebanyak kalangan milenial. Banyak kalangan orang tua yang tidak ingin ketinggalan dengan anak muda dalam mengadopsi hal-hal yang baru,” jelasnya.

Harga bitcoin tercatat menembus 11.300 dollar AS atau sekitar Rp 170 juta pada beberapa hari yang lalu. Itu berarti kenaikan lebih dari dua kali sejak awal tahun 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com