Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kasus Pencurian Data, Ini Komentar JD.ID

Kompas.com - 07/08/2020, 18:17 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa belakangan ini banyak kasus mengenai pencurian data pelanggan yang berada di e-commerce. Tentu, hal ini membuat para pelanggan perlu mawas diri ketika ingin berbelanja secara digital.

Marketing Chief JD.ID Mia Fawzia menyatakan, pihaknya sebagai e-commerce memastikan bahwa data-data digital para pelanggannya aman.

Menurut dia, JD.ID sudah membuat keamanan yang berlapis-lapis.

"Kami pastikan keamanan data pelanggan kami aman. Kami selalu membuat keamanannya berlapis-lapis yang di-handle oleh para tim yang berkompeten," ujarnya dalam Kompas Talks yang disiarkan secara virtual, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Data Nasabah Kreditplus Bocor, Ini Kata OJK

Selain itu sebut Mia, perusahaanya yang memiliki pusat di China dan sudah berdiri selama 13 tahun, tidak pernah sekali pun mendengar atau bahkan merasakan adanya kasus pencurian data pelanggan.

"Kami punya perusahaan pusat di China yaitu JD.com, perusahaan tersebut sudah berdiri selama 13 tahun. Alhamdulillah belum pernah kami rasakan dan kami dengar ada kasus yang berhubungan dengan pencurian data, jumlah pelanggan kami di China itu banyak, tidak sedikit," katanya.

Dia mengatakan, setiap waktu teknologi terus berkembang semakin canggih, orang-orang juga tumbuh semakin cerdas dalam berteknologi. Hal inilah menurut dia bisa menjadi pendorong masalah pencurian data bisa terjadi.

Walaupun begitu, Mia memastikan bahwa pihaknya selalu mengutamakan keamanan data pelanggannya terjamin aman.

"Tim JD.id selalu berkomitmen menjaga persoalan data pelanggan kami, kami berharap apa yang kami lakukan secara optimal ini bisa membuat kemananan data pelanggan kami aman dan tidak mengalami hal-hal yang dikhawatirkan," jelas dia.

Baca juga: Penjelasan KreditPlus Soal Kebocoran Data Nasabah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com