Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OYO Indonesia Rambah Bisnis Kopi

Kompas.com - 11/08/2020, 17:35 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - OYO Hotels and Homes kembali meluncurkan inovasi terbaru di industri hospitality dengan meluncurkan brand kopi independen bernama ‘Kopi Cinta’.

Sebagai lini bisnis terbaru OYO di luar akomodasi, Kopi Cinta saat ini siap melayani para penikmat kopi melalui 30 gerai yang tersedia di seluruh Indonesia.

Country Head Emerging Business, OYO Indonesia Eko Bramantyo mengatakan di tengah pandemi ini, sebagai pelaku industri, pihaknya senantiasa dituntut untuk semakin inovatif, baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang mengalami perubahan, maupun dari sisi strategi bisnis.

Baca juga: Tunggak Iuran BPJS Ketenagakerjaan, Pekerja Bisa Dapat Subsidi Gaji?

Berangkat dari sinilah, OYO berinisiatif untuk memanfaatkan peluang dengan menghadirkan lini bisnis baru, yang juga diharapkan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para mitranya.

"Kami di OYO melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat, selain itu pula, terdapat juga peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia," ujarnya mengutip siaran persnya, Selasa (11/8/2020).

Selain itu, Eko mengatakan pihaknya ingin berpartisipasi dalam upaya menggairahkan kembali industri kopi Indonesia. Apalagi di tahun 2021, menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, pasokan kopi nasional diprediksi akan mencapai 795.000 ton, sementara tingkat konsumsi naik menjadi 370.000 ton.

Meskipun ada pengaruh pandemi Covid-19, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Pariwisata telah melakukan upaya untuk kembali menggairahkan industri kopi melalui kampanye #SatuDalamKopi.

Baca juga: UMKM Bisa Dapat Bantuan Modal Kerja dari Unilever, Ini Syaratnya

“Kami ingin turut berpartisipasi dalam upaya menggairahkan kembali industri kopi Indonesia, maka dari itu Kopi Cinta hadir dengan memanfaatkan jaringan hotel OYO di Indonesia sebagai rantai distribusi untuk minuman kopi berkualitas," kata dia.

Eko juga berharap dengan hadirnya Kopi Cinta ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengalaman menginap bagi para tamu OYO, sekaligus turut menambah pilihan kopi berkualitas di kalangan penikmat kopi di Indonesia.

Hingga saat ini, ada sebanyak 30 gerai Kopi Cinta yang telah tersedia di hotel-hotel OYO yang dioperasikan langsung oleh OYO (Self-Operated Business/SOB). Lalu ke depannya, lanjut dia, OYO akan terus menambah gerai Kopi Cinta di seluruh jaringan hotelnya.

OYO juga membuka kesempatan bagi para mitra-mitra hotel OYO yang ada untuk bergabung dan membuka gerai Kopi Cinta di hotel mereka dengan biaya investasi awal mulai Rp 3 juta, tanpa membutuhkan ruang ataupun staf tambahan.

Baca juga: Pegawai Honorer Kementerian dan Lembaga Juga Dapat Subsidi Gaji

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com