Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kurs Rupiah Pagi Ini

Kompas.com - 12/08/2020, 09:48 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (12/8/2020) menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.13 WIB rupiah berada pada level Rp 14.645 per dollar AS atau menguat 35 poin (0,24 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.680 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, walaupun rupiah dibuka menguat pagi ini, namun masih berpeluang tertekan pada penutupan sore nanti.

Baca juga: IHSG Dibuka Melemah Pagi Ini

Ariston mengatakan proyeksi pelemahan rupiah sore nanti, terdorong sentimen penguatan mata uang dollar AS terhadap mata uang emerging market, karena sentimen positif rilis data tenaga kerja AS yang menunjukkan perbaikan.

“Rupiah akan melemah terdorong sentimen penguatan dollar AS terhadap mata uang emerging market. Hal ini karena optimisme dari pemulihan ekonomi di AS yang tercermin dari data tenaga kerja dan indeks harga produsen bulan Juli yang lebih bagus dari proyeksi,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Tekanan pada mata uang garuda juga terpengaruh oleh rencana pemberian stimulus lanjutan AS yang hingga kini masih belum disepakati antara partai Demokrat dan Republik.

“Kabar belum adanya kemajuan pembicaraan stimulus AS antara dua partai berkuasa juga bisa melemahkan sentimen terhadap aset berisiko,” kata dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.550 per dollar AS sampai dengan Rp 14.750 per dollar AS.

Baca juga: Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com