Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Hanya 10, Kini 20.000 UMKM Shopee Sudah Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 12/08/2020, 20:38 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menyatakan, saat ini pihaknya sedang menggenjot pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menembus pasar ekspor.

"Dulu seller UMKM kita yang sudah tembus pasar Ekspor itu baru 10 seller dan hanya ribuan produknya tapi tahun ini kita genjot terus dan sudah ada 20.000 UMKM di Indonesia yang sudah tembus ke pasar ekspor,"ujarnya dalam diskusi Shopee Bersama UMKM yang disiarkan secara virtual, Rabu (12/8/2020).

Dia mengakui saat ini baru Singapura dan Malaysia yang ditembus oleh UMKM tersebut. Namun dirinya optimistis hal ini bisa ikuti oleh negara-negara lain di Asia Tenggara.

Baca juga: Ini Syarat Pelaku UMKM Bisa Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta dari Pemerintah

Sementara itu Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Shopee ini.

Sebab menurut dia Shopee sangat bisa membantu agar pelaku UMKM lainnya mau diajak untuk berkembang, apalagi bila pelaku UMKM bisa menembus pasar ekspor.

"Shopee sangat bisa membantu kami khususnya untuk menembus pasar ekspor. Misalnya saja tadi ekspor produk fahsion ke Singapura, informasi seperti warna yang diincar, bentuk seperti apa yang dibutuhkan, informasi itu sangat penting bagi karena ketika Shopee memberitahukan info itu ke kami, kami bisa kembali share ke UMKM lainnya agar mereka bisa fokus membuat produk yang diincar di pasar ekspor," katanya.

Dia juga berharap dengan adanya bantuan dari Shopee dan pihak e-commerce lainnya bisa mendorong pelaku UMKM kembali bergerak sehingga ekonomi di Indonesia juga bisa kembali berputar.

Baca juga: Pemerintah Data UMKM Calon Penerima BLT Rp 2,4 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com